Detail Cantuman Kembali
EVALUASI KEPUASAN PASIEN TERHADAP KUALITAS MANAJEMEN PELAYANAN DI INSTALASI APOTEK RUMAH SAKIT PELAMONIA DAN RUMAH SAKIT STELLAMARIS MAKASSAR (EVALUATION OF PATIENT SATISFACTION WITH THE QUALITY OF SERVICE MANAGEMENT IN THE PHARMACY INSTALLATION AT PELAMONIA HOSPITAL AND STELLA MARIS HOSPITAL IN MAKASSAR)
Telah dilakukan penelitian mengenai Evaluasi Kepuasan Pasien (kehandalan, ketanggapan, empati, bukti
langsung dan jaminan) terhadap kualitas manajemen pelayanan di Instalasi Apotek Rumah Sakit Pelamonia dan Rumah
Sakit Stella Maris Makassar periode Agustus 2019. Tujuan Penelitian Mengetahui tingkat kepuasan pasienterhadap
kualitas manajemen pelayanan di Instalasi Apotek Rumah Sakit Pelamonia Makassar dan Rumah Sakit StellaMaris
Makassar. Penelitian ini merupakan penelitian secara deskriptif dengan menggunakan analisis kuantitatif, yaitu
menggunakan analisis data secara mendalam dalam bentuk angka. Populasi seluruh pasien rawat jalan Instalasi Apotek
Rumah Sakit Pelamonia dan Rumah Sakit Stella Maris Makassar periode Agustus 2019 dan sampel yang di peroleh
sebanyak 50 responden di masing-masing Rumah Sakit.Data primer diperoleh melalui instrumen penelitiandengan
menggunakan angket kemudian dianalisis dengan uji paired sampel t-tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam
pelayanan Apotek Rawat Jalan Rumah Sakit Pelamonia dan Rumah Sakit Stella Maris Makassar pada bulan Agustus
2019 yaitu menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan antara kualitas pelayanan RS Pelamonia dan RS Stella
Maris Makassar dengan nilai untuk RS Pelamonia sebesar 22,7400 < untuk nilai RS Stella Maris sebesar 25,4960, dan
nilai std. deviation RS Stella Maris lebih besar dibandingkan RS Pelamonia hal ini menunjukkan bahwa kualitas
pelayanan RS Stella Maris lebih baik dibanding RS Pelamonia yang dilihat dari hasil analisis respondenuntuk nilai mean
dan nilai std. deviation.
Kata kunci: Kepuasan, Pasien, Rawat Jalan, Pelayanan, Kefarmasian.
Gemy Nastity Handayany 1 , Munifah Wahyuddin 2 , Niar Susanti 3 - Personal Name
Far 410
Far 410
CD-ROM
Indonesia
2019
Farmasi
LOADING LIST...
LOADING LIST...
APA Citation
Gemy Nastity Handayany 1 , Munifah Wahyuddin 2 , Niar Susanti 3. (2019).EVALUASI KEPUASAN PASIEN TERHADAP KUALITAS MANAJEMEN PELAYANAN DI INSTALASI
APOTEK RUMAH SAKIT PELAMONIA DAN RUMAH SAKIT STELLAMARIS MAKASSAR
(EVALUATION OF PATIENT SATISFACTION WITH THE QUALITY OF SERVICE MANAGEMENT IN THE
PHARMACY INSTALLATION AT PELAMONIA HOSPITAL AND STELLA MARIS HOSPITAL IN
MAKASSAR).(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd