NUR AFIFAH; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

GAMBARAN KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN POLI KESEHAN IBU DAN ANAK DI PUSKESMAS KASSI-KASSI TAHUN 2013


Pelayanan kesehatan yang bermutu dari Puskesmas dapat diukur salah satunya dengan mengetahui kepuasan pasien terhadap layanan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kinerja pelayanan kesehatan terhadap masyarakat khususnya di bagian pemeriksaan ibu dan anak dengan mengukur tingkat kepuasaan pasien.Penelitian ini merupakan penelitian survei, untuk melihat gambaran kepuasan pasien di Puskesmas kassi-kassi yang dilaksanakan pada Juli-Agustus 2013.
Tingkat kepuasan pasien diukur berdasarkan metode servqual dan diagram kartesius dengan melakukan wawancara pada 162 pasien di poli KIA. Masing-masing pernyataan diberi skor dengan menggunakan skala likert 1-5. Pada penelitian ini dihasilkan sebagian besar responden merasa puas terhadap pelayanan tenaga kesehatan dengan dimensi bukti fisik (tangibles) di poli KIA di Puskesmas Kassi-kassi sebesar 94(58,6%), dimensi kehandalan (responsiviness) memiliki persentasi kepuasan sebesar 89 (55,0%), dimensi kepedulian (emphaty) memiliki persentase kepuasan sebesar 90 (55,6%),dimensi jaminan (assurance) memiliki presentasi kepuasan yang tertinggi sebesar 96 (59,2%), sedangkan presentasi dimensi kepuasan yang terendah yaitu pada dimensi kehandalan (realibility) sebesar 69 (42,6%).
Kepuasan pasien terhadap pelayanan kesehatan Puskesmas Kassi-Kassi kota Makassar perlu mempertahankan dan meningkatkan prestasi yang sudah ada.Beberapa hal yang perlu menjadi bahan pertimbangan untuk lebih ditingkatkan misalnya saja kehadiran petugas yang tepat waktu, mempunyai waktu yang cukup untuk berkomunikasi dengan pasien, menanggapi keluhan dengan baik, serta memberikan informasi dengan jelas.
Daftar Pustaka : Literatur 009-020 (2010)

Kata Kunci : Pusat kesehatan masyarakat : kepuasan pasien

NUR AFIFAH - Personal Name
SKRIPSI KEB88
SKRIPSI KEB88
Text
Indonesia
perpustakaan FKIK
2013
Kebidanan
LOADING LIST...
LOADING LIST...
APA Citation
NUR AFIFAH. (2013).GAMBARAN KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN POLI KESEHAN IBU DAN ANAK DI PUSKESMAS KASSI-KASSI TAHUN 2013.(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd