Detail Cantuman Kembali
GAMBARAN PENGETAHUAN DAN SIKAP REMAJA TENTANG MUNCULNYA TANDA-TANDA SEKS SEKUNDER DI SMPN 4 SUNGGUMINASA TAHUN 2012
Posisi masa remaja adalah posisi antara masa kanak-kanak dan masa dewasa, sehingga masa remaja ini sering pula disebut sebagai masa transisi atau masa peralihan dari masa kanak-kanak ke masa dewasa.
Peneltian ini bertujuan mengetahui gambaran pengetahuan dan sikap tentang tanda-tanda seks sekunder. Penelitian ini dilakukan tanggal 18 juli – 30 agustus 2012 dengan mengggunakan metode diskripif, populasi adalah semua siswa kelas 2 di SMPN Sungguminasa Makassar Tahun 2012. Sebanyak 373 populasi dan dari populasi tersebut diperoleh sampel sebanyak 247 siswa. Adapun teknik pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling.
Hasil penelitian menunjukan bahwa dari 247 responden, umur yang terbanyak adalah 12-13 tahun yakni sebanyak 167 orang (67.62%). Berdasarkan tingkat pengetahuan tentang munculnya tanda-tanda seks sekunder yang terbanyak adalah mereka yang berpengetahuan kurang baik yaknik sebanyak 147 orang (59.52%). Berdasarkan sikap tentang munculnya tanda-tanda seks sekunder, 167 orang (67,62%) bersikap positif dan sebanyak 80 orang (32.38%) memiliki sikap negatif.
Berdasarkan hasil penelitian di atas, penulis menyarankan agar remaja menyempatkan waktu untuk menghadiri atau mendatangi tempat penyuluhan tentang segala sesuatu yang berkaitan dengan munculnya tanda-tanda seks sekunder secara umum bila perlu membentuk kelompok belajar guna meningkatkan pengetahuan tentang tanda-tanda seks sekunder serta mengembangkan sikap positif.
Daftar Pustaka : 20 literatur (2002-2012)
Kata Kunci : Pengetahuan, Sikap, Remaja, Tanda seks sekunder
ROSTINAH - Personal Name
SKRIPSI KEB432
SKRIPSI KEB432
Text
Indonesia
perpustakaan FKIK
2012
Kebidanan
LOADING LIST...
LOADING LIST...
APA Citation
ROSTINAH. (2012).GAMBARAN PENGETAHUAN DAN SIKAP REMAJA TENTANG MUNCULNYA TANDA-TANDA SEKS SEKUNDER DI SMPN 4 SUNGGUMINASA TAHUN 2012.(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd