MUSDALIPA; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN MELALUI VIDEO TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP SELF MANAGEMENT LANSIA HIPERTENSI


Hipertensi adalah tekanan sistolik ≥130 mmHg dan tekanan diastolik ≥80
mmHg yang konsisten dari waktu ke waktu. Pendidikan kesehatan dengan media
video merupakan media yang menarik dan merangsang lebih banyak indera,
memiliki keunggulan lebih fleksibel serta detail dalam memberikan penjelasan
mengenai konsep materi. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh pendidikan
kesehatan melalui video terhadap pengetahuan dan sikap self management lansia
hipertensi.
Desain penelitian ini yaitu quasi-experimental design with control group
pre-test and post-test dengan jumlah sampel yaitu 54 responden, masing-masing 27
responden pada kelompok intervensi dan kontrol yang dipilih dengan teknik
purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar kuesioner
pengetahuan dan sikap self management hipertensi. Analisa data menggunakan uji
wilcoxon.
Hasil pengolahan data dengan menggunakan Uji Wilcoxon Test pada
kelompok intervensi didapatkan nilai p-Value = 0,000 atau p < 0,05 yang berarti
terdapat perbedaan bermakna tingkat pengetahuan dan sikap pre-test dan post-test
setelah diberikan pendidikan kesehatan dengan media video. Jadi, dapat
disimpulkan bahwa ada pengaruh pendidikan kesehatan dengan media video
terhadap pengetahuan dan sikap self management lansia hipertensi. Metode ini
dapat digunakan sebagai media dalam pemberian pendidikan kesehatan pada lansia
hipertensi.
Kata Kunci: Pendidikan Kesehatan, Video, Pengetahuan, Sikap, Self Management

MUSDALIPA - Personal Name
SKRIPSI KEP33
SKRIPSI KEP33
Text
Indonesia
perpustakaan FKIK
2019
Keperawatan
LOADING LIST...
LOADING LIST...
APA Citation
MUSDALIPA. (2019).PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN MELALUI VIDEO TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP SELF MANAGEMENT LANSIA HIPERTENSI.(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd