ADIATMAN; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

Pengaruh Olahraga Kebugaran Otot Dalam Mengurangi Kadar Kolesterol Dalam Darah Bagi Pesenam Di Radith Gym Makassar


Semakin meningkatnya penderita kolesterol di Indonesia menjadikan peneliti ingin mengetahui cara mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh. Latihan fisik merupakan salah satu upaya untuk mengatasi kelebihan kolesterol sekaligus untuk mencapai tingkat kesegaran jasmani yang baik serta dapat meningkatkan kemampuan fungsional.
Tujuan : untuk mengetahui adanya pengaruh olahraga kebugaran otot dengan menggunakan metode circuit weight training dalam mengurangi kadar kolesterol dalam darah.
Metode : Penelitian ini merupakan jenis penelitian Quasy experimental Design dengan menggunakan rancangan pretest-posttest control group design, dalam desain ini terdapat dua grup yang dipilih secara random kemudian diberi pretest untuk mengetahui perbedaan keadaan awal antara group eksperimen dan group kontrol. Uji sampel dalam penelitian ini menggunakan uji program SPSS for windows.
Hasil : Dari uji Beda Paired T Test diketahui bahwa latihan kebugaran otot metode circuit weight training berpengaruh secara signifikan terhadap kadar kolesterol karena nilai p value (0.002) < 0.05. Sedangkan, Dari uji Beda Paired T Test diketahui bahwa tidak ada perbedaan secara signifikan atau bermakna kadar kolesterol sebelum dan sesudah pada kelompok kontrol karena nilai p value (0.274) > 0.05. hasil independent t–test setelah perlakuan menunjukkan terdapat perbedaan yang bermakna kadar kolesterol total darah kelompok perlakuan dibanding dengan kelompok kontrol (p=0.02). Artinya kegiatan olahraga kebugaran otot metode circuit weight training secara bermakna mempengaruhi kadar kolesterol total darah, karena perbedaan rerata kadar kolesterol adalah 11.55 mg/dl.
Kesimpulan : Dari penelitian ini ada pengaruh yang signifikan latihan olahraga kebugaran otot dalam mengurangi kadar kolesterol dalam darah, dan terdapat perbedaan yang bermakna kadar kolesterol total darah antara kelompok perlakuan dengan kelompok kontrol
ADIATMAN - Personal Name
SKRIPSI KEP145
SKRIPSI KEP145
Text
Indonesia
perpustakaan FKIK
2013
Keperawatan
LOADING LIST...
LOADING LIST...
APA Citation
ADIATMAN. (2013).Pengaruh Olahraga Kebugaran Otot Dalam Mengurangi Kadar Kolesterol Dalam Darah Bagi Pesenam Di Radith Gym Makassar.(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd