SULIS ANDRIANI; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN KEPERAWATAN DI RUANG RAWAT INAP RSUD LANTO DAENG PASEWANG KABUPATEN JENEPONTO


Kepuasan pasien adalah indikator pertama dari rumah sakit dan ukuran mutu pelayanan. Kepuasan pasien yang rendah berdampak terhadap jumlah kunjungan di rumah sakit, sedangkan sikap perawat terhadap pasien juga akan berdampak terhadap kepuasan pasien, dimana kebutuhan pasien dari waktu ke waktu akan meningkat, begitu pula tuntutannya akan mutu pelayanan yang diberikan.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara aspek penerimaan, perhatian, komunikasi, kerjasama dan tanggung jawab terhadap kepuasan pasien di RSUD Lanto Daeng Pasewang. Penelitian ini dilaksanakan sejak tanggal 27 Juni – 9 Juli 2012 dengan jumlah sampel 36 responden. Jenis penelitian ini adalah survei analitik dengan rancangan cross sectional dan menggunakan tekhnik purposive sampling. Hasil penelitian dianalisis dengan Uji Chi Square dengan program SPSS 17.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan antara aspek penerimaan dengan kepuasan pasien p value = 0,018, ada hubungan aspek perhatian dengan kepuasan pasien p value = 0,005, ada hubungan aspek komunikasi dengan kepuasan pasien p value= 0,001, ada hubungan aspek kerjasama dengan kepuasan pasien p value = 0,005, ada hubungan aspek tanggung jawab dengan kepuasan pasien p value = 0,012.
Dari penelitian dapat disimpulkan bahwa ada hubungan antara dimensi aspek penerimaan, perhatian, komunikasi, kerjasama dan tanggung jawab terhadap kepuasan pasien. Saran bagi peneliti selanjutnya mengenai kepuasan pasien adalah mampu memperoleh sampel penelitian yang lebih variatif sehingga diperoleh perbandingan untuk setiap variabel yang lebih memadai.

Kata Kunci : Kepuasan pasien, Dimensi Pelayanan Keperawatan

SULIS ANDRIANI - Personal Name
SKRIPSI KEP199
SKRIPSI KEP199
Text
Indonesia
perpustakaan FKIK
2012
Keperawatan
LOADING LIST...
LOADING LIST...
APA Citation
SULIS ANDRIANI. (2012).FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN KEPERAWATAN DI RUANG RAWAT INAP RSUD LANTO DAENG PASEWANG KABUPATEN JENEPONTO.(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd