Detail Cantuman Kembali
PENGARUH PENYULUHAN MELALUI METODE SIMULASI DAN AUDIOVISUAL TERHADAP TINGKAT KETERAMPILAN MENGGOSOK GIGI PADA MURID SD INPRES CAMBAYA IV
Kebersihan gigi dan mulut merupakan salah satu masalah kesehatan masyarakat yang
memerlukan penanganan secara komprehensif. Salah satu upaya meningkatkan keterampilan
cara menggosok gigi pada anak adalah melalui penyuluhan kebersihan gigi dan mulut yang
hasilnya diharapkan dapat meningkatkan keterampilan anak dalam menggosok gigi. Tujuan
penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penyuluhan tentang kebersihan gigi dan
mulut melalui metode simulasi dan metode audiovisual terhadap tingkat keterampilan cara
menggosok gigi pada murid SD inpres Cambaya IV.
Desain Penelitian ini yaitu Quasi Eksperimen dengan pendekatan Two Group Pre-Post
Test Design dengan jumlah sampel yaitu 42 orang, untuk metode simulasi sebanyak 21
responden dan untuk metode audiovisual sebanyak 21 responden dengan menggunakan
Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi. Analisa data
menggunakan uji statistik Uji Wilcoxon Test.
Hasil Pengolahan data dengan menggunakan Uji Wilcoxon Test pada kelompok
simulasi didapatkan nilai p value = 0.000 atau p < 0.05. Sedangkan pada kelompok
audiovisual didapatkan nilai p value = 0.000 tau p < 0.05 . Jadi dapat disimpulkan bahwa
terdapat pengaruh penyuluhan kebersihan gigi dan mulut terhadap simulasi dan audiovisual.
Metode ini dapat di gunakan sebagai teknik pembelajaran untuk menyampaikan penyuluhan
kesehatan khususnya kebersihan gigi dan mulut.
Kata Kunci: Simulasi, Audiovisual, Kebersihan Gigi Dan Mulut
HARDIANTI - Personal Name
SKRIPSI KEP59
SKRIPSI KEP59
Text
Indonesia
perpustakaan FKIK
2017
Keperawatan
LOADING LIST...
LOADING LIST...
APA Citation
HARDIANTI. (2017).PENGARUH PENYULUHAN MELALUI METODE SIMULASI DAN AUDIOVISUAL TERHADAP TINGKAT KETERAMPILAN MENGGOSOK GIGI PADA MURID SD INPRES CAMBAYA IV.(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd