DELI SUSANTI; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN DALAM PELAYANAN HOMECARE TERHADAP KEMANDIRIAN AKTIVITAS SEHARI-HARI PENDERITA STROKE RINGAN DI KEC.MARIORIAWA KAB.SOPPENG


Pendidikan kesehatan merupakan salah satu bentuk intervensi keperawatan yang dapat dilakukan pada pelayanan keperawatan. Home care merupakan bentuk pelayanan keperawatan di masyarakat. Home care bertujuan untuk meningkatkan, mempertahankan, memulihkan kesehatan/memaksimalkan kemandirian dan meminimalkan kecacatan akibat dari penyakit/stroke. Penelitian ini bertujuan mengetahui adanya pengaruh pendidikan kesehatan dalam pelaksanaan home care pada kemandirian Aktivitas Sehari-hari Penderita Stroke Ringan di Kec.Marioriawa Kab.Soppeng.
Desain penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode Pre-eksperimental dengan one group pretest-postest design yaitu penelitian yang menggunakan satu kelompok subyek, pengukuran dilakukan sebelum dan setelah pemberian perlakukan pada subyek dengan jumlah sampel sebanyak 10 orang. Penelitian ini menggunakan sampling non-probability dengan metode purposive sampling.
Skor kemandirian Aktivitas Sehari-hari sesudah pendidikan kesehatan menunjukkan kecenderungan meningkat. Responden yang termasuk kategori mandiri mengalami peningkatan dari 3 orang (30%) pada pre-tes menjadi 8 orang (80%) pada saat post-tes dengan kekuatan pengaruhnya p=0.016. Responden yang termasuk kategori “tahu” mengalami peningkatan dari 6 orang (60%) pada pre-tes menjadi 9 orang (90%), dari hasil uji statistik pengujian menunjukkan adanya pengaruh pendidikan kesehatan terhadap kemandirian Aktivitas Sehari-hari dimana kekuatan pengaruhnya didapat dengan nilai p=0.004, Skor kemandirian sikap (afektif) Aktivitas Sehari-hari sesudah pendidikan kesehatan menunjukkan kecenderungan meningkat. Responden yang termasuk kategori “berespon” mengalami peningkatan dari 3 orang (30%) pada pre-tes menjadi 8 orang (80%) dari hasil uji statistik pengujian menunjukkan adanya pengaruh terhadap sikap (afektif) dalam hal Aktivitas Sehari-hari penderita stroke ringan di Kec.Marioriawa Kab.Soppeng, dimana kekuatan pengaruhnya didapat dengan nilai p=0.010. Responden yang termasuk kategori “melakukan” mengalami peningkatan dari 2 orang (20%) pada pre-tes menjadi 6 orang (60%), dari hasil uji statistik pengujian menunjukkan ada pengaruh positif terhadap tindakan/praktek (psicomotor) dalam hal Aktivitas Sehari-hari Penderita Stroke Ringan di Kec.Marioriawa Kab.Soppeng, dimana kekuatan pengaruhnya didapat dengan nilai p=0.027.
Peneliti dapat menyimpulkan bahwa terdapat perbedaaan kemandirian Aktivitas Sehari-hari penderita stroke sebelum dan setelah pemberian pendidikan kesehatan dalam pelaksanaan home care. Pendidikan kesehatan dalam pelaksanaan home care berpengaruh positif pada kemandirian Aktivitas Sehari-hari penderita stroke ringan di Kec.Marioriawa Kab.Soppeng.
Peneliti menyarankan agar dilakukan pendidikan kesehatan untuk meningkatkan kemandirian Aktivitas Sehari-hari penderita stroke.

Kata kunci: Pendidikan Kesehatan, Home Care, Aktivitas Sehari-hari, Stroke

DELI SUSANTI - Personal Name
SKRIPSI KEP430
SKRIPSI KEP430
Text
Indonesia
perpustakaan FKIK
2011
Keperawatan
LOADING LIST...
LOADING LIST...
APA Citation
DELI SUSANTI. (2011).PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN DALAM PELAYANAN HOMECARE TERHADAP KEMANDIRIAN AKTIVITAS SEHARI-HARI PENDERITA STROKE RINGAN DI KEC.MARIORIAWA KAB.SOPPENG.(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd