DEDHY HAMRIADI HARUNA; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PENGARUH TERAPI AKTIVITAS KELOMPOK TERHADAP KEMAMPUAN INTERAKSI SOSIAL LANJUT USIA DI PANTI SOSIAL TRESNA WREDHA GAU MABAJI GOWA


Interaksi sosial adalah suatu hubungan antara dua atau lebih individu, di mana kelakuan individu yang satu mempengaruhi, mengubah, atau memperbaiki kelakuan individu yang lain atau sebaliknya. Hambatan, gangguan, atau masalah interaksi sosial adalah insufisiensi atau kelebihan kuantitas atau ketidakefektifan kualitas pertukaran sosial. Tujuan dari Penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh terapi aktivitas kelompok (TAK) terhadap kemampuan interaksi sosial lansia.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan kuasi eksperimen. Pengumpulan data lansia yang mengalami hambatan interaksi sosial dilakukan dengan cara observasi. Dari hasil observasi didapatkan 26 lansia dengan hambatan interaksi sosial dari total populasi sebanyak 97 lansia. Dari lansia tersebut terdapat 20 diantaranya yang memenuhi kriteria inklusi. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode kuota sampling sehingga diperoleh sampel sebanyak 10 orang lansia yang akan diberikan perlakuan TAK sebagai kelompok perlakuan, sehingga 10 lansia yang lainnya menjadi pembanding sebagai kelompok kontrol. Analisis data yang dilakukan adalah analisis univariat berupa distribusi frekuensi dan analisis bivariat berupa uji statistik paired t test dan t independent test.
Hasil penelitian menunjukkan dari 20 responden diperoleh 100% mempunyai kemampuan interaksi sosial kurang baik. Hasil uji statistik paired t test pada kelompok perlakuan menunjukkan adanya pengaruh TAK terhadap kemampuan interaksi sosial lansia yang berarti (P value= 0,000). Berbeda dengan kelompok kontrol yang tidak adanya peningkatan kemampuan interaksi sosial yang berarti (P value= 0,168). uji statistik t independent test didapatkan P value=0.591 > 0.05 yang mengimplikasikan bahwa tida terdapat perbedaan rerata kemampuan interaksi sosial yang bermakna antara kelompok perlakuan dengan kelompok kontrol. Meskipun demikian, dapat disimpulkan bahwa TAK berpengaruh terhadap peningkatan kemampuan interaksi sosial pada lansia.

DEDHY HAMRIADI HARUNA - Personal Name
SKRIPSI KEP208
SKRIPSI KEP208
Text
Indonesia
perpustakaan FKIK
2014
Keperawatan
LOADING LIST...
LOADING LIST...
APA Citation
DEDHY HAMRIADI HARUNA. (2014).PENGARUH TERAPI AKTIVITAS KELOMPOK TERHADAP KEMAMPUAN INTERAKSI SOSIAL LANJUT USIA DI PANTI SOSIAL TRESNA WREDHA GAU MABAJI GOWA.(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd