Detail Cantuman Kembali
GAYA BELAJAR MAHASISWA KEPERAWATAN UNIVERSITAS ISLAM NEGERI ALAUDDIN MAKASSAR
Prestasi akademik peserta didik dipengaruhi oleh banyak faktor yang bersumber
dari dalam (internal) maupun dari luar (eksternal) diri individu. Gaya belajar adalah
salah satu faktor internal yang mempengaruhi prestasi akademik peserta didik. Hasil
riset menunjukkan bahwa peserta didik yang belajar dengan menggunakan cara
belajar yang sejalan dengan gaya belajar mereka akan mencapai nilai lebih tinggi
dibandingkan dengan mereka yang belajar dengan cara yang tidak. Tujuan penelitian
ini adalah untuk memberikan gambaran gaya belajar peserta didik yang berprestasi
akademik tinggi dan rendah pada mahasiswa keperawatan Universitas Islam Negeri
Alauddin Makassar. Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif
melalui pendekatan fenomenologi. Informan dalam penelitian ini adalah 10
mahasiswa keperawatan angkatan 2015 yang berprestasi akademik tinggi dan 10
mahasiswa yang berprestasi akademik rendah. Proses pemilihan informan melalui
teknik Non Probability Sampling jenis Purposive Sampling. Teknik pengumpulan
data yang digunakan adalah observasi, wawancara mendalam dan studi dokumentasi.
Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis isi (content analysis). Selain itu,
dilakukan uji kredibilitas, dependabilitas dan konfirmabilitas melalui perpanjangan
pengamatan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan gaya
belajar mahasiswa keperawatan yang memiliki prestasi akademik tinggi dan rendah,
masing-masing menunjukkan kombinasi gaya belajar visual, auditori dan kinestik
(VAK). Terdapat perbedaan dalam menggunakan gaya belajar mereka terkait cara
belajar, intensitas belajar dalam sehari, waktu-waktu yang digunakan untuk belajar,
akses informasi/sumber belajar, fasilitas belajar, kebiasaan saat proses pembelajaran
dikelas berlangsung, cara mudah mengingat pembelajaran, menghapal materi,
menyelesaikan tugas dan memanfaatkan waktu luang. Berdasarkan data tersebut,
mahasiswa keperawatan diharapkan dapat memaksimalkan gaya belajar yang dimiliki
dengan menerapkan strategi belajar yang sesuai, dan dosen mampu merancang media,
metode, atau materi pembelajaran kontekstual yang relevan dengan modalitas belajar
mahasiswa.
Kata Kunci: Gaya Belajar, Mahasiswa Berprestasi Akademik Tinggi dan Rendah
ASTUTI DEWI INTAN - Personal Name
SKRIPSI KEP78
SKRIPSI KEP78
Text
Indonesia
perpustakaan FKIK
2017
Keperawatan
LOADING LIST...
LOADING LIST...
APA Citation
ASTUTI DEWI INTAN. (2017).GAYA BELAJAR MAHASISWA KEPERAWATAN UNIVERSITAS ISLAM NEGERI ALAUDDIN MAKASSAR.(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd