BAMBANG; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

GAMBARAN PELAKSANAAN KOMUNIKASI TERAPEUTIK PERAWAT DI RUANG PERAWATAN II RSUD POLEWALI MANDAR SULAWESI BARAT 2011


Permasalah utama dalam skripsi ini adalah bagaimana gambaran pelaksaanan komunikasi terapeutik di Rumah sakit Umum Daerah Polewali Mandar. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran mengenai pelaksaanan komunikasi terapeutik di Rumah sakit Umum Daerah Polewali Mandar.
Penelitian ini dilaksanakan pada 21 juli 2011, menggunakan metode penelitian survey deskriptif dengan populasi seluruh perawat pelaksana yang berjumlah 20 orang. Sampel diolah secara Total Sampling dengan jumlah 20 responden. Instrument yang digunakan pada penelitian ini adalah Observasi, analisa data yang digunakan adalah analisis univariat.
Hasil Penelitian ini menunjukan mayoritas perawat hanya melakukan sebagian tahapan-tahapan Komunikasi Terapeutik. Pada fase pre orientasi 16 responden (80,0 %), fase Pre orientasi 19 responden (95,0 %), fase kerja 18 responden (90,0 %), fase terminasi 19 responden (95,0 %) hanya melakukan sebagian, sedangkan sisanya dilakukan seluruh. Ini menandakan pelaksanaan komunikasi terapeutik di ruang perawatan II RSUD kurang baik atau kurang maksimal.
Berdasarkan penelitian ini disarankan bahwa tenaga perawat tetap mempertahankan komunikasi terapeutik yang sudah baik dan meningkatkan yang dengan pemberian atau mengikuti seminar dan pelatihan tentang Komunikasi terapeutik.

BAMBANG - Personal Name
SKRIPSI KEP266
SKRIPSI KEP266
Text
Indonesia
perpustakaan FKIK
2011
Keperawatan
LOADING LIST...
LOADING LIST...
APA Citation
BAMBANG. (2011).GAMBARAN PELAKSANAAN KOMUNIKASI TERAPEUTIK PERAWAT DI RUANG PERAWATAN II RSUD POLEWALI MANDAR SULAWESI BARAT 2011.(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd