Detail Cantuman Kembali
FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEPUASAN PASIEN JAMKESDA TERHADAP PELAYANAN KEPERAWATAN DI RUANG RAWAT INAP RUMAH SAKIT DAERAH SINJAI KAB. SINJAI
Perawat merupakan salah satu mata rantai yang penting bagi suatu rumah
sakit agar dapat bersaing dengan rumah sakit yang lainnya. Keberadaan perawat
sangat dibutuhkan oleh suatu rumah sakit karena perawat merupakan tulang
punggung dan ujung tombak pelayanan yang ikut menentukan kinerja dan kualitas
suatu rumah sakit secara keseluruhan. Bio-psiko-sosial-spiritual merupakan
fundamen yang hakiki dalam melakukan intervensi keperawatan secara
komprehensif dan holistik yang pada hakekatnya dilakukan dengan
menggunakan komunikasi yang mampu mendukung proses percepatan
kesembuhan pasien dan mencapai kepuasan pasien.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mempelajari hubungan faktor-faktor
tertentu dengan kepuasan pasien terhadap pelayanan keperawatan di ruang rawat
inap Rumah Sakit Daerah Sinjai Kabupaten Sinjai. Penelitian ini dilaksanakan
sejak tanggal 5-25 Juli 2010 dengan sampel berjumlah 62 orang pasien dan teknik
sampling purposive sampling. Data diambil dengan menggunakan kuesioner yang
merupakan modifikasi.
Desain penelitian yang digunakan adalah cross sectional dilakukan untuk
mengetahui hubungan faktor-faktor tertentu dengan kepuasan pasien terhadap
pelayanan keperawatan. Setelah dianalisis dengan uji Chi square dengan
menggunakan program SPSS-15 hasil yang diperoleh menunjukkan hubungan
bermakna antara faktor pemenuhan kebutuhan fisik dengan kepuasan pasien
dengan nilai Fisher's Exact Test = 0.008, faktor pemenuhan kebutuhan psikologis
dengan kepuasan pasien dengan nilai Fisher's Exact Test = 0.019 dan faktor
pemenuhan kebutuhan sosial dengan kepuasan pasien dengan nilai Chi square
=0,012. Sedangkan pemenuhan kebutuhan spiritual tidak menunjukkan hubungan
bermakna dengan kepuasan pasien terhadap pelayanan keperawatan.
Dari penelitan dapat disimpulkan bahwa pemenuhan kebutuhan fisik,
psikologis dan sosial mempunyai hubungan dengan kepuasan pasien dan
pemenuhan kebutuhan spiritual tidak mempunyai hubungan dengan kepuasan
pasien. Saran bagi peneliti selanjutnya mengenai kepuasan pasien adalah mampu
memperoleh sampel penelitian yang lebih variatif sehingga diperoleh
perbandingan untuk setiap variable yang lebih memadai
ANDI HUSNUL KHATIMAH - Personal Name
SKRIPSI KEP401
SKRIPSI KEP401
Text
Indonesia
perpustakaan FKIK
2010
Keperawatan
LOADING LIST...
LOADING LIST...
APA Citation
ANDI HUSNUL KHATIMAH. (2010).FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEPUASAN PASIEN JAMKESDA TERHADAP PELAYANAN KEPERAWATAN DI RUANG RAWAT INAP RUMAH SAKIT DAERAH SINJAI KAB. SINJAI.(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd