MARDIANA; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN DAN PENDIDIKAN IBU PRIMIGRAVIDA TERHADAP KEJADIAN ANEMIA DI RSIA SITI FATIMAH MAKASSAR


Kehamilan merupakan hasil konsepsi antara ovum (sel telur) dengan spermatozoa yang disertai dengan nidasi hasil konsepsi.
Pengetahuan dan pendidikan seorang ibu tentang kehamilan sangat penting agar terhindar dari resiko terjadi penurunan kadar hemoglobinnya dan kehamilan yang dapat mengancam jiwa ibu hamil dan janinnya.
Jenis penelitian ini adalah racangan croos sectional syudy. Populasi sebesar 60 dan sampel sebesar 36 responden. Cara pengambilan sampelnya dengan secara teknik purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner sebagai instrumen penelitian. Analisis data dengan uji chi-square.
Dari hasil penelitian yang dilakukan di RSIA Siti Fatimah Makassar mulai bulan Juli sampai dengan Agustus 2010 di dapatkan jumlah sampel 36 responden, Dari hasil uji statistik dengan menggunakan rumus uji chi-square untuk pengetahuan didapatkan hasil p = 0,000 yaitu < α = 0,05 maka Ho ditolak berarti ada hubungan antara pengetahuan dengan kadar hemoglobin pada ibu hamil primigravida, Sedangkan pendidikan didapat hasil p = 0,006 yaitu < α = 0,05 Ho ditolak maka ada hubungan tingkat pendidikan ibu hamil primigravida terhadap kejadian anemia di RSIA Siti Fatimah Makassar.
Hasil analisis nilai p = 0,006 yaitu < α = 0,05 Ho ditolak maka ada hubungan tingkat pendidikan ibu hamil primigravida terhadap kejadian anemia di RSIA Siti Fatimah Makassar.
Berdasarkan hasil penelitian, maka saran paling penting yang dapat kita ambil dari penelitian ini yaitu perlunya meningkatan status gizi ibu hamil melalui penyuluhan mengenai pentingnya kesehatah dan peningkatan gizi, perlunya melakukan pemberian preparat besi pada ibu hamil di upayakan dapat menjangkau semau ibu hamil dengan dosis adekuat.
MARDIANA - Personal Name
SKRIPSI KEP385
SKRIPSI KEP385
Text
Indonesia
perpustakaan FKIK
2010
Keperawatan
LOADING LIST...
LOADING LIST...
APA Citation
MARDIANA. (2010).HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN DAN PENDIDIKAN IBU PRIMIGRAVIDA TERHADAP KEJADIAN ANEMIA DI RSIA SITI FATIMAH MAKASSAR.(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd