FIRDA AYU WAHYUNI; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

Hubungan Pemenuhan Kebutuhan Spiritual Dengan Motivasi Kesembuhan Pasien Rawat Inap Di Rumah Sakit Ibnu Sina Yw-Umi Makassar


Berdasarkan hasil observasi awal peneliti di Rumah Sakit Ibnu Sina YW-UMI Makassar pemenuhan kebutuhan spiritual telah diterapkan namun belum secara menyeluruh karena beberapa perawat cukup sibuk dengan aktivitas perawatan pasien. Sementara kebutuhan spiritual merupakan suatu kebutuhan dasar manusia yang harus dipenuhi. Kebutuhan spiritual mengandung arti suatu keyakinan pendekatan, dan kepercayaan pada Tuhan yang harus dimiliki dan dipertahankan oleh seseorang sampai kapanpun agar memperoleh, ketenangan, kualitas kesehatan yang baik serta kesembuhan. Sehingga Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pemenuhan kebutuhan spiritual dengan motivasi kesembuhan pasien rawat inap di Rumah Sakit Ibnu Sina YW-UMI Makassar.
Desain penelitian ini menggunakan pendekatan Cross Sectional. Populasi responden adalah pasien di ruang rawat inap kelas III Rumah Sakit Ibnu Sina YW-UMI Makassar. Total sampel berjumlah 64 responden yang masuk dalam kriteria inklusi. Pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling yaitu tekhnik penetapan sampel dengan cara memilih sampel di antara populasi sesuai dengan yang dikehendaki peneliti.
Hasil penelitian diperoleh responden dengan pemenuhan kebutuhan spiritual terpenuhi yang motivasi kesembuhannya tinggi sebanyak 76,6%, dan yang tidak terpenuhi tetapi motivasi kesembuhannya tinggi (6,2%), motivasi sedang ( 14,1%) dan motivasi kurang yaitu (3,1%). Berdasarkan uji statistik melalui uji Chi-Square pada taraf kemaknaan yang ditetapkan α = 0,05 didapatkan ρ = 0,000, dimana ρ < α yang artinya H0 ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara pemenuhan kebutuhan spiritual dengan motivasi kesembuhan pasien pada pasien rawat inap di Rumah Sakit Ibnu Sina YW-UMI Makassar .
Diharapkan agar pihak rumah sakit lebih meningkatkan mutu pelayanan dalam pemenuhan kebutuhan spiritual pada pasien ,memberikan perhatian secara menyeluruh kepada pasien bukan hanya dari aspek kesehatan fisiknya saja namun juga memperhatikan ungkapan hati dan pikiran pasien juga melalui tindakan kolaborasi dengan petugas rohaniawan sehingga dapat meningkatkan motivasi kesembuhan pasien.

FIRDA AYU WAHYUNI - Personal Name
SKRIPSI KEP0323
SKRIPSI KEP0323
Text
Indonesia
perpustakaan FKIK
2014
Keperawatan
LOADING LIST...
LOADING LIST...
APA Citation
FIRDA AYU WAHYUNI. (2014).Hubungan Pemenuhan Kebutuhan Spiritual Dengan Motivasi Kesembuhan Pasien Rawat Inap Di Rumah Sakit Ibnu Sina Yw-Umi Makassar.(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd