Detail Cantuman Kembali
Analisis Mutu Pelayanan Terhadap Tingkat Kepuasan Ibu Hamil di Poliklinik Kesehatan Ibu dan Anak (KIA) Puskesmas Manuju Tahun 2021
Indonesia telah menetapkan waktu tunggu dalam departemen kesehatan
sebagai upaya mencapai standar pelayanan minimal. Keluhan pasien pada
beberapa fasilitas kesehatan adalah lama waktu tunggu. Puskesmas Manuju
menjadi salah satu instansi kesehatan yang bertugas untuk memberikan pelayanan
kesehatan kepada masyarakat. Hasil observasi peneliti yang dilakukan pada bulan
juli 2020 saat melakukan magang menyimpulkan bahwa waktu tunggu pelayanan
di puskesmas Manuju menurut pasien terbilang lambat sehingga dapat
menyebabkan pasien mengalami ketidakpuasan.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis mutu pelayanan terhadap
kepuasan ibu hamil di poliklinik kesehatan ibu dan anak (KIA) puskesmas
Manuju tahun 2021. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan
pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah ibu hamil yang
berkunjung pada bulan mei-oktober di poli KIA puseksmas Manuju. Sampel
dalam penelitian ini berjumlah 56 responden yang diambil menggunakan tehnik
accidental sampling dengan kriteria inklusi yaitu ibu hamil yang mengunjungi
puskesmas, terdaftar sebagai pasien pada poli KIA, dapat berkomunikasi dan
berbahasa yang baik, bersedia menjadi responden dan diwawancarai.
Data analisis menggunakan uji chi-square. Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa adanya hubungan dimensi tangible (p=0,036),
responsiveness (p=0,018), assurance (p=0,018), dengan kepuasan ibu hamil.
Sedangkan tidak ada hubungan antara dimensi realibility (p=0,964), dan empathy
(p=0,089) dengan kepuasan ibu hamil. Kepuasan merupakan salah satu tolak ukur
keberhasilan suatu pelayanan, oleh karena itu kualitas pelayanan dan kelengkapan
fasilitas dalam pelayanan perlu ditingkatkan agar tercapainya kepuasan secara
maksimal.
Kata Kunci: Mutu Pelayanan, Kepuasan Ibu Hamil
Yusi Safitri - Personal Name
Kes 2010
Kes 2010
CD-ROM
Indonesia
Kesehatan Masyaraat
2022
Perpustakaan FKIK
LOADING LIST...
LOADING LIST...
APA Citation
Yusi Safitri. (2022).Analisis Mutu Pelayanan Terhadap Tingkat Kepuasan Ibu Hamil di Poliklinik Kesehatan Ibu dan Anak (KIA) Puskesmas Manuju Tahun 2021.(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd