Detail Cantuman Kembali
PERBANDINGAN KOMUNIKASI TERAPEUTIK DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN DI RUANGAN BANGSAL DAN RUANGAN VIP RS
ABSTRAK
Pemberian pelayanan keperawatan yang secara berkualitas yang dapat
ditentukan oleh ketepatan dalam memberikan pelayanan tetapi dengan membina
hubungan komunikasi. Komunikasi merupakan komponen yang membuat
hubungan interpersonal yang baik. Tidak terjalin komunikasi yang baik dapat
menyebabkan timbulnya keluhan-keluhan atau ketidakpuasan. Seorang perawat
harus mempunyai keterampilan dalam berkomunikasi secara terapeutik saat
menjalankan perannya untuk dapat menentukan keberhasilan pelayanan atau
asuhan keperawatan yang profesional dengan memperhatikan kebutuhan holistik
pasien. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan komunikasi
terapeutik perawat di ruangan bangsal dan ruangan VIP RS Bhayangkara
Makassar. Penelitian ini menggunakan desain deskriptif analisiskorelasi. dengan
pendekatan crosssectional. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 13-16 Mei
2019 di 6 ruang rawat inap RS Bhayangkara Makassar. Teknik pengambilan
sampel yaitu Purposive Sampling dengan sampel sebanyak 86 dari 597 populasi.
Hasil pengolahan data dengan menggunakan uji Mann-Withney didapatkan
nilai p-value sebesar 0.004. jika nilai P
Andriawin - Personal Name
Andriawin 1 , Syisnawati 2 , Budianto 3 ,Syamsiah Rauf 4 ,Muhaemin - Personal Name
Andriawin 1 , Syisnawati 2 , Budianto 3 ,Syamsiah Rauf 4 ,Muhaemin - Personal Name
Kep 499
Kep 499
CD-ROM
Indonesia
2019
Keperawatan
LOADING LIST...
LOADING LIST...
APA Citation
Andriawin. (2019).PERBANDINGAN KOMUNIKASI TERAPEUTIK DENGAN TINGKAT
KEPUASAN PASIEN DI RUANGAN BANGSAL DAN RUANGAN VIP RS.(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd