Amalia Ramadhani; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

Perbedaan Kepuasan Pasien BPJS dan Non BPJS Pada Kualitas Pelayanan di RSUD Labuang Baji Makassar


Kualitas pelayanan kesehatan menunjuk pada tingkat kesempurnaan
penampilan pelayanan kesehatan yang dapat memuaskan setiap pemakai jasa
pelayanan. Memuaskan yang dimaksud adalah perbandingan antara persepsi pada
pelayanan yang diterima dengan harapannya sebelum mendapatkan pelayanan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kepuasan pasien BPJS dan
Non BPJS Pada kualitas pelayanan di RSUD Labuang Baji Makassar. Penelitian
ini menggunakan desain penelitian cross sectional deskriptif. Populasi pada
peneltian ini adalah seluruh pasien BPJS dan non BPJS yang dirawat inap di
RSUD Labuang Baji Makassar pada bulan April 2019 berjumlah 414 orang.
Dalam penelitian ini teknik pengambilan sampel menggunakan Purposive
Sampling dengan 88 responden, yang dibagi menjadi dua, 44 pasien BPJS dan 44
pasien Non BPJS dan dianalisis dengan menggunakan uji statistik uji Mann
Whitney. Hasil penelitian didapatkan nilai p-value 0,198 atau nilai P>0,05
menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan bermakna antara kepuasan pasien BPJS
dan Non BPJS terhadap kualitas pelayanan di RSUD Labuang Baji Makassar.
Maka dari itu, untuk meningkatkan kepuasan pasien diharapkan kepada pemegang
kebijakan rumah sakit agar dapat meningkatkan fasilitas yang ada demi
kenyamanan pasien.
Kata Kunci: Kepuasan Pasien, Kualitas Pelayanan, BPJS
Amalia Ramadhani - Personal Name
Kep 497
Kep 497
CD-ROM
Indonesia
2019
Keperawatan
LOADING LIST...
LOADING LIST...
APA Citation
Amalia Ramadhani. (2019).Perbedaan Kepuasan Pasien BPJS dan Non BPJS Pada Kualitas Pelayanan di RSUD Labuang Baji Makassar.(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd