Detail Cantuman Kembali
FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN DALAM PELAYANAN KESEHATAN DASAR DI PUSKESMAS KASSI-KASSI KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR
uskesmas sebagai salah satu pusat dari pelayanan kesehatan punya peran
penting dalam meningkatkan kesehatan yang optimal yang akan
mempengaruhi kepuasannya. Bertujuan mengetahui faktor-faktor yang
mempengaruhi kepuasan pasien rawat jalan dalam pelayanan kesehatan
dasar dipuskesmas Kassi-kassi Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Jenis
penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Penelitian
menggunakan pendekatan survei analitik dengan desain cross-sectional.
Populasi pada penelitian ini adalah rata-rata kunjungan pasien Puskesmas
Kassi-Kassi Kecamatan Rappocini pada periode April-Juni 2019, besar
sampel yang diambil menggunakan rumus Slovin sebanyak 99 responden.
Hasil penelitian terdapat hubungan yang bermakna antara variabel
responsiveness (p=0,000), competence (p=0,000) dan communication
(p=0,000) dengan kepuasan pasien dan tidak terdapat hubungan antara
variabel tangible (p=0,131) dan reliability (p=0,159) dengan kepuasan
pasien. Disarankan pelayanan dipuskesmas berjalan baik namun perlu
adanya peningkatan baik dari segi sdm dan sarana dan pra sarana guna
pelayanan yang paripurna.
Kata Kunci : Responsiveness, Competence, Communication, Tangible,
Reliability
MUH. RAHMADI HASYIM - Personal Name
Kes 436
Kes 436
CD-ROM
Indonesia
2019
Kesehatan Masyarakat
LOADING LIST...
LOADING LIST...
APA Citation
MUH. RAHMADI HASYIM. (2019).FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN PASIEN
RAWAT JALAN DALAM PELAYANAN KESEHATAN DASAR
DI PUSKESMAS KASSI-KASSI KECAMATAN RAPPOCINI
KOTA MAKASSAR.(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd