NUR KHAIRUNNISA SYAMSIAR; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

ANALISIS MANAJEMEN LAYANAN MAKANAN PADA PASIEN RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH (RSUD) KABUPATEN MAJENE


Layanan Makanan yang dijalankan di rumah sakit khususnya di instalasi gizi
merupakan hal yang sangat penting untuk pasien yang dirawat, karena merupakan
hal penentu dalam pelayanan. Layanan gizi merupakan suatu penyelenggaraan
makanan kepada pasien dan karyawan yang diawali dari perencanaan menu
sampai pendistribusian makanan kepada pasien untuk mencapai status gizi yang
optimal melalui pemberian diet yang tepat.
Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis manajemen layanan makanan
berdasarkan standar rumah sakit pada pasien yang menjalani rawat inap di Rumah
Sakit Umum Daerah Kabupaten Majene . Jenis penelitian ini yaitu kualitatif,
dengan menggunakan metode deskriptif. Dalam penelitian ini menentukan
informasi dengan teknik Purposive Sampling. Informan dalam penelitian ini yaitu
kepala instalasi gizi, staff instalasi gizi, & pasien rawat inap. Pengumpulan data
dilakukan melalui wawancara mendalam dengan informan.
Hasil penelitian ini yang dilakukan di RSUD Kabupaten Majene menunjukkan
bahwa manajemen layanan makanan mulai dari tahap input yaitu ketenagaan
belum memiliki syarat tertentu untuk menjadi tenaga di Instalasi gizi terkecuali
untuk ahli gizi minimal tingkat pendidikannya Diploma, S1, dan S2. Sarana dan
Prasarananya terdiri dari ruang kepala instalasi gizi, gudang kering dan gudang
basah, ruang pengolahan bahan makanan, ruang persiapan, ruang pencucian alat
makan. Perencanaan anggaran belanjaan dilakukan 1 kali dalam 1 tahun dan
direncanakan jauh hari sebelumnya, anggaran belanja berasal dari dana rumah
sakit, Perencanaan menu menggunakan siklus 10 hari. Perencanaan kebutuhan
makanan disesuaikan dengan jumlah pasien yang dirawat serta bahan makanan
yang digunakan sesuai dengan standar tersendiri. Pemesanan dan pembelian
dilakukan dengan cara setengah langsung yaitu bahan makanan basah dilakukan
setiap hari dan bahan makanan kering 1-3 kali seminggu tergantung dengan stok
yang ada. Penerimaan bahan makanan dengan mencocokkan daftar barang sesuai
dengan pesanan yang ada. Penyimpanan bahan makanan terdiri tempat
penyimpanan bahan basah dan bahan kering. Pengolahan bahan makanan
dilakukan diruang pengolahan dengan melihat siklus menu yang ada.
Pendistribusian dilakukan dengan cara sentralisasi. Outputnya adalah rata-rata
pasien merasa puas dengan pelayanan makanan yang diberikan oleh tenaga di
Instalasi Gizi RSUD Kabupaten Majene.
Kata Kunci: Manajemen Layanan Makanan Rumah Sakit (MLMRS)
NUR KHAIRUNNISA SYAMSIAR - Personal Name
SKRIPSI KES538
SKRIPSI KES538
Untuk Baca FULL TEXT di Perpustakaan FKIK UINAM
Text
Indonesia
perpustakaan FKIK
2021
LOADING LIST...
LOADING LIST...
APA Citation
NUR KHAIRUNNISA SYAMSIAR. (2021).ANALISIS MANAJEMEN LAYANAN MAKANAN PADA PASIEN RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH (RSUD) KABUPATEN MAJENE.(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd