Detail Cantuman Kembali
HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN TERHADAP LOYALITAS PASIEN DI RAWAT INAP RUMAH SAKIT IBU DAN ANAK SITTI KHADIJAH I MAKASSAR TAHUN 2016
kesetiaannya terhadap jasa pelayanan untuk memanfatkan pelayanan kesehatan
secara berulang dalam memenuhi kebutuhan pelayanan medis. Penelitian ini
bertujuan unuk mengetahui hubungan antara kualitas pelayanan kesehatan
terhadap loyalitas pasien rawat inap di Rumah Sakit Ibu dan Anak Sitti Khadijah I
Makassar Tahun 2016.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan
desain penelitian cross sectional, dengan jumlah responden sebanyak 84 orang
pasien rawat inap. Pengumpulan datanya dilakukan melalui wawancara langsung
kepada reponden. Analisis data yang dilakukan adalah dengan menggunakan uji
fisher exact test.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan yang bermakna antara
kualitas pelayanan yaitu diantaranya reliability (kehandalan pelayanan),
responsiveness (daya tanggap), assurance (jaminan pelayanan), emphaty (sikap
petugas) dengan nilai P < 0,05 terhadap loyalitas pasien sedangkan tidak terdapat
hubungan antara tangibel (bukti langsung) dengan nilai P > 0,05 terhadap
loyalitas pasien di Rumah Sakit Ibu dan Anak Sitti Khadijah I Makassar Tahun
2016.
Disarankan kepada rumah sakit supaya lebih meningkatkan kualitas
pelayanan untuk memberikan persepsi yang baik bagi pasien untuk meningkatkan
loyalitas pasien dalam menggunakan jasa kesehatan di Rumah Sakit Ibu dan Anak
Sitti Khadijah I Makassar.
Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Loyalitas Pasien, Rawat Inap, Rumah
sakit.
Nursalsabila
ATIKA FATTAH - Personal Name
SKRIPSI KES64
SKRIPSI KES64
Untuk Baca FULL TEXT di Perpustakaan FKIK UINAM
Text
Indonesia
perpustakaan FKIK
2016
Kesehatan Masyarakat
LOADING LIST...
LOADING LIST...
APA Citation
ATIKA FATTAH. (2016).HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN TERHADAP LOYALITAS PASIEN DI RAWAT INAP RUMAH SAKIT IBU DAN ANAK SITTI KHADIJAH I MAKASSAR TAHUN 2016.(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd