MASDIANA; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

ANALISIS PENGGUNAAN ZAT PEWARNA SINTETIK PADA MINUMAN BERKARBONASI PRODUKSI KOTA MAKASSAR YANG DIJUAL DI PASAR TRADISIONAL TERONG TAHUN 2013


Minuman berkarbonasi merupakan minuman yang dibuat dengan mengabsorpsikan karbon dioksida ke dalam air namun, seiring dengan perkembangan teknologi pangan maka ditambahkan bahan tambahan makanan seperti pewarna, pemanis, zat asam, pemberi aroma dan zat pengawet.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan dan kadar zat pewarna sintetik pada minuman berkarbonasi produksi kota Makassar yang dijual di pasar tradisional Terong.
Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian survei dengan pendekatan observasional menggunakan pemeriksaan laboratorium. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Purposive Sampling. Sampel yang diambil adalah minuman berkarbonasi produksi kota Makassar yang dijual di pasar tradisional Terong serta berwana. Dan sampel yang didapat sebanyak 5 sampel selanjutnya diperiksa di Balai Besar Laboratorium Kesehatan Makassar.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 5 sampel yang diuji semuanya mengandung zat pewarna sintetik. Adapun zat pewarna sintetik yang digunakan adalah sunset yellow FCF, tatrazin, brilian blue FCF, dan dark brown. Pada kemasan Sampel E dikatakan menggunakan pewarna alami yakni karamel sementara hasil penelitian menunjukkan bahwa sampel tersebut menggunakan pewarna sintetik dark brown. Dari lima sampel yang diteliti kadar zat pewarna yang digunakan sampel B, D dan E telah memenuhi ketentuan sedangkan sampel A dan C melebihi batas penggunaan maksimum menurut Peraturan Menteri Kesehatan No 722/Menkes/Per/IX/1988 tentang Bahan Tambahan Makanan yakni tidak lebih dari 0,03 % yakni masing sebesar 0,05638 % dan 0,0463 %.
Penulis menyarankan agar instansi terkait melakukan pembinaan dan pengawasan terhadap produsen makanan dan minuman tentang penggunaan dan kadar pewarna sintetik serta perlunya peningkatan pengetahuan masyarakat tentang penggunaan bahan tambahan makanan.
Kata Kunci: minuman berkarbonasi, pewarna sintetik



MASDIANA - Personal Name
SKRIPSI KES117
SKRIPSI KES117
Text
Indonesia
perpustakaan FKIK
2013
Kesehatan Masyarakat
LOADING LIST...
LOADING LIST...
APA Citation
MASDIANA. (2013).ANALISIS PENGGUNAAN ZAT PEWARNA SINTETIK PADA MINUMAN BERKARBONASI PRODUKSI KOTA MAKASSAR YANG DIJUAL DI PASAR TRADISIONAL TERONG TAHUN 2013.(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd