Detail Cantuman Kembali
FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN TUMBUH KEMBANG ANAK TUNAGRAHITA DI SEKOLAH DASAR LUAR BIASA NEGERI (SDLBN) 1 MACCINI BAJI MAROS
Tunagrahita atau retardasi mental adalah suatu keadaan dimana anak memiliki fungsi intelektual umum dibawah rata-rata yang muncul sebelum usia 18 tahun dan mengalami hambatan dalam perilaku adaptif, seperti merawat diri, bermasyarakat, mengontrol diri, dan fungsi akademik.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan tumbuh kembang anak tunagrahita di SDLBN 1 Maccini Baji Maros tahun 2014. Penelitian ini merupakan penelitian analitik observasional dengan desain cross-sectional melalui pendekatan kuantitatif. Jumlah sampel sebanyak 32 anak tunagrahita dengan teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar sampel (65,6%) memiliki status gizi normal, sehingga dalam penelitian ini lebih banyak sampel yang memiliki pertumbuhan yang normal. Untuk perkembangan kemampuan dasar, lebih dari separuh sampel (59,4%) memiliki perkembangan kemampuan dasar kurang mampu. Selanjutnya, sebanyak 53,1% sampel memiliki pola konsumsi baik, dan sebagian besar sampel (87,5%) tidak mengalami diare selama sebulan terakhir. Untuk tipe pola asuh, mayoritas orang tua (43,8%) menerapkan tipe pola asuh demokratis. Dan sebanyak 90,6% guru menunjukkan peran guru yang baik.
Berdasarkan hasil uji chi-square, terdapat hubungan antara pola konsumsi dan penyakit infeksi dengan pertumbuhan anak tunagrahita. Tetapi tidak terdapat hubungan antara pola konsumsi, penyakit infeksi, dan peran guru dengan perkembangan kemampuan dasar anak tunagrahita. Namun terdapat hubungan antara tipe pola asuh dengan perkembangan kemampuan dasar anak tunagrahita berdasarkan hasil uji korelasi lambda.
Untuk meningkatkan kualitas hidup anak tunagrahita, orang tua diharapkan lebih intensif dalam memantau tumbuh kembang anak spesial seperti anak tunagrahita. Upaya dalam menjaga pola makan dan mengontrol kondisi kesehatan anak memiliki peran besar dalam masa pertumbuhan dan perkembangan anak. Dukungan tenaga profesional seperti guru Luar Biasa juga memiliki peran yang sangat penting dalam memantau perkembangan kemampuan anak di sekolah.
Kata Kunci : Tunagrahita, Retardasi Mental, Tumbuh Kembang, Status Gizi
Daftar Pustaka : 48 (1981 – 2014)
AMALIAH CHAIRUL NUSU - Personal Name
SKRIPSI KES168
SKRIPSI KES168
Text
Indonesia
perpustakaan FKIK
2014
Kesehatan Masyarakat
LOADING LIST...
LOADING LIST...
APA Citation
AMALIAH CHAIRUL NUSU. (2014).FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN TUMBUH KEMBANG ANAK TUNAGRAHITA DI SEKOLAH DASAR LUAR BIASA NEGERI (SDLBN) 1 MACCINI BAJI MAROS.(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd