Ali Ansar; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

Gambaran Asupan Makanan dan Prestasi Belajar Siswa Anemia dan Non Anemia di MA Muhammadiyah Ereng-Ereng Kabupaten Bantaeng Tahun 2014


Anemia merupakan masalah gizi yang muncul sebagai akibat dari defisiensi zat gizi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran asupan makanan dan prestasi belajar siswa anemia dan non anemia di MA Muhammadiyah Ereng-Ereng Kabupaten Bantaeng. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan melalui pendekatan deskriptif. Jumlah sampel sebanyak 47 orang dengan teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 47 responden yang diteliti yang berstatus anemia yaitu (31,9%) dan yang tidak berstatus anemia yaitu (68.1%). Yang mengalami anemia secara keseluruhan asupan zat besinya kurang, (8.5%) asupan protein cukup dan (23.4%) dengan asupan protein kurang, (2,1%) asupan belajar kategori baik dan (21,3%) dengan prestasi belajar kategori kurang. Sedangkan yang tidak mengalami anemia (8,5%) dengan asupan zat besi cukup dan (59,6%) dengan asupan zat besi kurang, (44,7%) asupan protein cukup dan vitamin C cukup dan (29,8%) dengan asupan vitamin C kurang, (10,8%) prestasi (23,4%) dengan asupan protein kurang, (31,9%) asupan Vitamin C cukup dan (36,2%) dengan asupan vitamin C kurang, (31,9%) prestasi belajar baik dan (36,2%) dengan prestasi belajar kategori kurang.
Perlu untuk meningkatkan asupan zat gizi (zat besi, protein, vitamin C) bagi siswa yang konsumsi zat gizinya kurang sehingga memenuhi angka kecukupan gizi yang dianjurkan, baik dari segi kualitas maupun kuantitas.

Kata Kunci : anemia, non anemia, prestasi belajar, protein, vitamin C, zat besi
Daftar Pustaka : 21 (2001 – 2013)


Ali Ansar - Personal Name
SKRIPSI KES172
SKRIPSI KES172
Text
Indonesia
perpustakaan FKIK
2014
Kesehatan Masyarakat
LOADING LIST...
LOADING LIST...
APA Citation
Ali Ansar. (2014).Gambaran Asupan Makanan dan Prestasi Belajar Siswa Anemia dan Non Anemia di MA Muhammadiyah Ereng-Ereng Kabupaten Bantaeng Tahun 2014.(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd