ARHAMI SYAFAR; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

STUDI MANAJEMEN PELAYANAN GIZI PASIEN DI INSTALASI GIZI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH (RSUD) PANGKEP


Penyelenggaraan pelayanan makanan pasien di rumah sakit sudah ada
dalam undang-undang dan diatur pada peraturan pemerintah No. 28 tahun 2004
mulai dari perencanaan menu sampai pendistribusian.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui manajemen pelayanan
gizi pasien di instalasi gizi RSUD Pangkep pada tahap input, yang meliputi tenaga
kesehatan, sarana dan prasarana. Kemudian pada tahap proses, yang meliputi
perencanaan anggaran belanja, perencanaan menu, perhitungan kebutuhan
makanan, pemesanan dan pembelian bahan makanan, penerimaan bahan makanan,
penyimpanan bahan makanan, pengolahan makanan dan pendistribusian makanan.
terakhir pada tahap output yaitu tentang daya terima pasien.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif yang bertujuan
untuk memperoleh informasi tentang manajemen pelayanan gizi pasien di
Instalasi Gizi Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Pangkep tahun 2012.
Hasil penelitian di RSUD Pangkep menunjukkan bahwa manajemen
pelayanan makanan pasien mulai dari tahap input yaitu ketenagaan hanya menitik
beratkan pada basic tata boga sebagai pramusaji. Sarana dan prasarana terdiri dari
ruang kepala instalasi, staff, pengolahan, pendistribusian, gudang penyimpanan
alat, gudang penyimpanan makanan basah dan tempat penyimpanan bahan
makanan kering. Prencanaan anggaran belanja dilakukan enam bulan sebelumnya
dan anggaran bersumber dari pemerintah daerah. Perencanaan menu
menggunakan siklus menu 10 hari dengan menggunakan standar resep dan standar
bumbu. Perencanaan kebutuhan makanan dilakukan setiap 1 kali dalam seminggu
dan jumlahnya ditentukan sesuai kebutuhan kalori pasien dan juga siklus menu.
Pemesanan dan pembelian dilakukan dengan cara setengah langsung dengan
frekuensi belanja untuk makanan basah dilakukan setiap hari dan makanan kering
setiap 1 kali dalam sebulan. Penerimaan bahan makanan dengan melihat daftar
barang sesuai pesanan, apabila bahan makanan rusak maka segera digantikan.
Penyimpanan bahan makanan terdiri dari dua yaitu tempat penyimpanan makanan
basah dan tempat penyimpanan makanan kering. Pengolahan bahan makanan
dilakukan diruang pengolahan dengan menggunakan pedoman menu yang sudah
ada. Pendistribusian dilakukan dengan cara sentralisasi. Outputnya adalah ratarata pasien merasa puas dengan pelayanan makanan yang diberikan. Daftar
pustaka 2005-2009. Kata kunci: MLMR
ARHAMI SYAFAR - Personal Name
SKRIPSI KES267
SKRIPSI KES267
Untuk Baca FULL TEXT di Perpustakaan FKIK UINAM
Text
Indonesia
perpustakaan FKIK
2012
Kesehatan Masyarakat
LOADING LIST...
LOADING LIST...
APA Citation
ARHAMI SYAFAR. (2012).STUDI MANAJEMEN PELAYANAN GIZI PASIEN DI INSTALASI GIZI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH (RSUD) PANGKEP.(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd