IIN IRYANI KADIR; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

GAMBARAN STATUS GIZI DAN KADAR Hb DARAH DENGAN PRESTASI BELAJAR REMAJA SISWI DI SMA NEGERI 5 MAKASSAR 2012


Masalah gizi remaja perlu mendapat perhatian khusus karena pengaruhnya yang besar terhadap pertumbuhan dan perkembangan tubuh serta dampaknya pada masalah gizi saat dewasa. Saat ini populasi remaja di dunia ini telah mencapai 1200 juta jiwa atau 19 persen dari total populasi dunia (WHO 2003). Di Indonesia persentase populasi remaja bahkan lebih tinggi, yaitu mencapai 21 % dari total populasi penduduk atau sekitar 44 juta jiwa (Bps, 2003). WHO (2003) menyebutkan bahwa masalah gizi remaja masih terabaikan karena masih banyak factor yang belum diketahui (Achadi, 2007). Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui gambaran status gizi dengan prestasi belajar remaja siswi SMA Negeri 5 Makassar, (2) untuk mengetahui gambaran kadar Hb darah dengan prestasi belajar remaja siswi SMA Negeri 5 Makassar.
Jenis Penelitian adalah deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswi kelas XI dan kelas XII yang tercatat di SMA Negeri 5 Makassar Tahun 2012 sebanyak 325 orang. Jumlah sampel adalah 112 orang Pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan metode purposive sampling.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, (1) Dari 28 sampel yang termasuk status gizi dalam kategori kurus, terdapat 22 orang (78.6 %) yang berprestasi belajar baik, dan 6 orang (21.4%) yang berprestasi belajar kurang, dari 59 sampel yang termasuk status gizi dalam kategori normal terdapat 45 orang (76.3%) yang berprestasi baik dan 14 orang (23.7%) yang berprestasi belajar kurang, dan dari 25 sampel yang termasuk status gizi dalam kategori gemuk 18 orang (72.0%) yang berprestasi belajar baik dan 7 orang (28.2%) yang berprestasi belajar kurang. (2) Dari 64sampel (100%) yang tidak mengalami anemia, sebanyak 55 sampel (64.7%) yang memiliki prestasi belajar baik dan 9 sampel (33.3%) yang memiliki prestasi belajar kurang, dan dari 30 sampel (100%) mengalami anemia, sebanyak 30 sampel (35.3%) yang memiliki prestasi belajar baik dan 18 sampel (66.7%) yang memiliki prestasi belajar kurang.
Dari hasil penelitian maka penulis menyarankan bagi sekolah dan guru hendaknya selalu memberi informasi kepada siswi tentang pentingnya kondisi kesehatan terutama dalam menjaga kadar hemoglobin darah, karena dengan kadar hemoglobin yang prima akan membantu siswi dalam meningkatkan prestasi belajarnya.

Kata Kunci : Status Gizi, Kadar Hb, Prestasi Belajar

IIN IRYANI KADIR - Personal Name
SKRIPSI KES212
SKRIPSI KES212
Text
Indonesia
perpustakaan FKIK
2012
Kesehatan Masyarakat
LOADING LIST...
LOADING LIST...
APA Citation
IIN IRYANI KADIR. (2012).GAMBARAN STATUS GIZI DAN KADAR Hb DARAH DENGAN PRESTASI BELAJAR REMAJA SISWI DI SMA NEGERI 5 MAKASSAR 2012.(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd