MIRNAWATI; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

STUDI TINGKAT KEPUASAN PASIEN TENTANG PELAYANAN MAKANAN DI RUANG RAWAT INAP RUMAH SAKIT UMUM HAJI MAKASSAR


Penyelenggaraan makanan institusi termasuk di rumah sakit, sering kali menjadi sorotan banyak pihak, khususnya yang berkaitan dengan kepuasan pasien. Hal ini selain karena efek psikologis orang sakit, juga karena makanan sebagai output penyelenggaraan makanan sering kali tidak memberikan kepuasan kepada pasien. Kepuasan pasien adalah tingkat keadaan yang dirasakan seseorang sesuai dengan keinginan dan harapan yang diinginkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui studi tingkat kepuasan pasien tentang pelayanan makanan di ruang rawat inap Rumah Sakit Umum Haji Makassar.
Jenis penelitian yang dilaksanakan adalah deskriptif dan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Purposive sampling. Sampel yang diambil adalah seluruh pasien yang dirawat inap di bagian bangsal Rumah Sakit Umum Haji Makassar selama 3 hari dengan kondisi yang stabil sebanyak 54 responden yang dianalisis dengan meggunakan program SPSS.
Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan variabel realibility dengan nilai 61,1% , Assurance dengan nilai 55,6%, Tangible dengan nilai 57,4%, empaty dengan nilai 57,4% ,dan resposiveness dengan nilai 59,3 %. Hal ini dapat disimpulkan bahwa variabel Realibility, Assurance, Tangible, Empaty, Resposiveness mempunyai nilai yang diperoleh berada di bawah nilai standar, dan ini menunjukkan bahwa tingkat kepuasan pasien tentang pelayanan makanan di ruang rawat inap Rumah Sakit Haji Makassar dianggap tidak memuaskan.
Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa tingkat kepuasan pasien dianggap tidak memuaskan oleh karena itu disarankan kepada pihak pimpinan Rumah Sakit untuk harus tetap memperhatikan pelayanan penunjang medik khususnya pelayanan gizi (makanan) Rumah Sakit.
Kata kunci : Kepuasan pasien, pelayanan makanan, ruang rawat inap
Daftar pustaka : 21 ( 1991- 2011)
MIRNAWATI - Personal Name
SKRIPSI KES0317
SKRIPSI KES0317
Text
Indonesia
perpustakaan FKIK
2012
Kesehatan Masyarakat
LOADING LIST...
LOADING LIST...
APA Citation
MIRNAWATI. (2012).STUDI TINGKAT KEPUASAN PASIEN TENTANG PELAYANAN MAKANAN DI RUANG RAWAT INAP RUMAH SAKIT UMUM HAJI MAKASSAR.(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd