DIAN AYU PRATIWI. S; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

HUBUNGAN STATUS GIZI DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA SDN. NO.22 KALUKUANG KECAMATAN BINAMU KABUPATEN JENEPONTO TAHUN 2010


Dian Ayu Pratiwi Satria,2010. Hubungan Status Gizi dengan Prestasi Belajar Siswa
SDN No.22 Kalukuang Kecamatan Binamu Kabupaten Jeneponto
Penelitian ini berjudul : Hubungan Status Gizi dengan Prestasi Belajar Siswa
SDN No.22 Kalukuang Kecamatan Binamu Kabupaten Jeneponto, dibimbing oleh
Dr.H.Saifuddin Sirajuddin, MS dan Drs.H.Stang,M.Kes, pelaksanaannya dari tanggal 24
Juni sampai dengan 1 Juli 2010.
Sesuai dengan judul penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada hubungan
Status Gizi dengan Prestasi Belajar siswa SDN No.22 Kalukuang Kecamatan Binamu
Kabupaten Jeneponto.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasional.
Siswa SD yang menjadi sampel sebanyak 119 orang sedangkan populasinya adalah 170
orang dengan menggunakan teknik Proportional Simple Random Sampling. Cara
pengumpulan data yang dilakukan adalah mengambil ukuran-ukuran tinggi badan dan
berat badan siswa SD, dan prestasi belajar diukur dengan menggunakan nilai raport
siswa. Analisis data untuk TB dan BB dengan Z-Skore, untuk mengetahui apakah ada
Hubungan antara Status Gizi dengan Prestasi Belajar menggunakan Uji Pearson Chi-
Square pada SPSS Versi 15.
Berdasarkan hasil uji statistik untuk hubungan status gizi menggunakan indeks
BB/U dengan prestasi belajar siswa diperoleh nilai p=0,002 lebih kecil dari nilai α=0,05
maka H0 di tolak,ada hubungan antara status gizi menggunakan indeks BB/U dengan
prestasi belajar siswa, dan untuk hubungan status gizi menggunakan indeks TB/U dengan
prestasi belajar siswa diperoleh nilai p=0,008 lebih kecil dari nilai α=0,05 maka H0
ditolak,ada hubungan antara status gizi menggunakan indeks TB/U dengan prestasi
belajar siswa, sedangkan untuk hubungan status gizi menggunakan indeks BB/TB dengan
prestasi belajar siswa diperoleh nilai p=0,453 lebih besar dari nilai α=0,05 maka H0
diterima,ada hubungan antara status gizi menggunakan indeks BB/TB dengan prestasi
belajar siswa.
5
Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat status gizi yang baik belum tentu
menghasilkan prestasi belajar yang baik karena pada kenyataannya banyak pula orang
memiliki status gizi kurang tetapi prestasi belajarnya baik karena prestasi belajar
dipengaruhi oleh banyak faktor.
Saran dari penulis yaitu perlunya penyuluhan peningkatan status gizi anak agar
terhindar dari masalah gizi kurang yang memungkinkan mempengaruhi prestasi belajar.
Kata Kunci : status gizi,prestasi belajar
DIAN AYU PRATIWI. S - Personal Name
SKRIPSI KES362
SKRIPSI KES362
Text
Indonesia
perpustakaan FKIK
2010
Kesehatan Masyarakat
LOADING LIST...
LOADING LIST...
APA Citation
DIAN AYU PRATIWI. S. (2010).HUBUNGAN STATUS GIZI DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA SDN. NO.22 KALUKUANG KECAMATAN BINAMU KABUPATEN JENEPONTO TAHUN 2010.(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd