HAJRAH; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

GAMBARAN PENGETAHUAN DAN SIKAP IBU TENTANG PEMBERIAN MAKANAN PENDAMPING ASI (MP-ASI) DINI DI RB. MATTIRO BAJI KABUPATEN GOWA TAHUN 2016


Hasil Riskesdas (2014), menunjukkan bahwa jumlah balita gizi buruk dan kurang di Indonesia mencapai 19,6%. Di Sulawesi Selatan, jumlahnya 25,9%. Sementara itu, persentase balita sangat pendek dan pendek di Indonesia juga masih tinggi yaitu 37,3%. Salah satu penyebabnya adalah belum tercukupinya MP-ASI yang diberikan baik itu dari segi waktu, kualitas dan kuantitas.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran pengetahuan dan sikap ibu tentang pemberian MP-ASI dini di RB Mattiro Baji Gowa (dilaksanakan pada tanggal 22 Juni – 20 Juli 2016). Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan populasi 55 dan diperoleh 48 sampel yang ditentukan secara purpossive sampling dengan menggunakan data primer. Data disajikan secara manual dan disajikan dalam tabel.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa responden yang memiliki pengetahuan baik tentang pemberian waktu yang tepat pemberian MP-ASI diperoleh sebanyak 22 reponden (45,83%) dan pengetahuan responden yang baik tentang jenis – jenis MP-ASI sebanyak 26 responden (54,17%). Sikap ibu tentang pemberian MP-ASI diperoleh sebanyak 39 responden (81,25%) yang memiliki sikap sangat baik dan 9 responden (18,75%) yang memiliki sikap baik.
Pemberian MP-ASI sangat penting dalam memenuhi kebutuhan gizi bayi yang berdampak pada kesehatan di masa yang akan datang.
Daftar Pustaka : 32 Literatur (2005 – 2016)
Kata Kunci : Makanan Pendamping ASI, MP-ASI Dini, Pengetahuan, Sikap, Ibu
HAJRAH - Personal Name
SKRIPSI KEB10
SKRIPSI KEB10
Text
Indonesia
perpustakaan FKIK
2016
Kebidanan
LOADING LIST...
LOADING LIST...
APA Citation
HAJRAH. (2016).GAMBARAN PENGETAHUAN DAN SIKAP IBU TENTANG PEMBERIAN MAKANAN PENDAMPING ASI (MP-ASI) DINI DI RB. MATTIRO BAJI KABUPATEN GOWA TAHUN 2016.(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd