IRMAWATI; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

HUBUNGAN POLA PENGASUHAN ANAK DENGAN PERKEMBANGAN MOTORIK KASAR ANAK USIA 1-3 TAHUN DI UNIT PELAKSANA TEKNIS DINAS PUSAT PELAYANAN SOSIAL TAMAN PENITIPAN ANAK “INANG MATUTU” MAKASSAR TAHUN 2014


Masa balita adalah masa emas tumbuh kembang seorang anak, bukan hanya jasmani, tetapi juga jiwa dan kehidupan sosialnya. Banyak anak yang ditinggalkan orangtuanya dirumah atau tempat penitipan anak tanpa orang tua menghiraukan perkembangan anaknya. Maka dari itu tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara pola asuh orang tua dengan perkembangan motorik kasar anak usia 1-3 tahun.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian menggunakan metode analitik dengan pendekatan cross sectional dimana penelitian ini dilaksanakan di Unit Pelaksana Teknis Dinas Pusat Pelayanan Sosial Taman Penitipan Anak “Inang Matutu” Makassar Dinas Sosial Provinsi Sulsel pada bulan September 2014 dengan jumlah sampel menggunakan Total Sampling sebanyak 30 responden.
Adapun hasil penelitian berdasarkan Hubungan Pola Pengasuhan Anak dengan Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia 1-3 Tahun. Dari penelitian ini didapatkan ada hubungan antara pola asuh orang tua terhadap perkembangan motorik kasar anak dimana berdasarkan analisis statistik dengan uji chi square, diperoleh nilai p = 0,003 (ɑ = < 0,05) berarti ada hubungan yang bermakna antara pola asuh orang tua terhadap perkembangan motorik kasar anak.
Pada penelitian ini dapat ditarik kesimpulan yaitu terdapat hubungan antara pola asuh orang tua terhadap perkembangan motorik kasar anak. Orang tua harus memperhatikan pola asuh yang diberikan kepada anak agar anak dapat tumbuh dan berkembang dengan baik.
Referensi : 23 (2004 - 2014)
Kata kunci : pola pengasuhan,perkembangan motorik kasar,anak usia 1-3 tahun

IRMAWATI - Personal Name
SKRIPSI KEB0345
SKRIPSI KEB0345
Text
Indonesia
perpustakaan FKIK
2014
Kebidanan
LOADING LIST...
LOADING LIST...
APA Citation
IRMAWATI. (2014).HUBUNGAN POLA PENGASUHAN ANAK DENGAN PERKEMBANGAN MOTORIK KASAR ANAK USIA 1-3 TAHUN DI UNIT PELAKSANA TEKNIS DINAS PUSAT PELAYANAN SOSIAL TAMAN PENITIPAN ANAK “INANG MATUTU” MAKASSAR TAHUN 2014.(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd