RIKHA RAHMA; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

GAMBARAN PENGETAHUAN IBU YANG MEMILIKI ANAK USIA SEKOLAH 4-12 TAHUN TENTANG JAJANAN YANG MENGANDUNG BAHAN PENGAWET BERBAHAYA DI KELURAHAN MANURUKI RW 03 DAN RW 08 TAHUN 2014


Anak usia sekolah merupakan konsumen makanan jajanan yang cukup besar jumlahnya dan merupakan objek yang sangat rentan terhadap penyakit yang ditimbulkan oleh makanan jajanan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuai gambaran pengetahuan ibu yang memiliki anak usia sekolah tentang jajanan yang mengandung bahan pengawet berbahaya. Jenis penelitian adalah deskriptif dengan menggunakan teknik accidental sampling, populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah ibu yang memiliki anak usia sekolah 4-12 tahun di kelurahan Mannuruki RW 03 dan RW 08 tahun 2014 dengan jumlah populasi dan sampel 57 orang, kemudian disajikan dalam bentuk tabel distribusi.
Hasil penelitian menunjukkan 51 responden (89,5%) yang memiliki pengetahuan baik tentang jenis jajanan yang mengandung bahan pengawet berbahaya dan yang memiliki pengetahuan kurang sebanyak 6 responden (10,5%), 39 responden (68,4%) yang memiliki pengetahuan baik tentang efek negatif jajanan yang mengandung bahan pengawet berbahaya dan yang memiliki pengetahuan kurang sebanyak 8 responden (31,6%), 48 responden (84,2%) yang memiliki pengetahuan baik tentang bahaya jajanan yang mengandung bahan pengawet berbahaya dan yang memiliki pengetahuan kurang sebanyak 9 responden (15,8%).
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pengetahuan responden baik, diharapkan agar ibu lebih teliti lagi dalam memilih makanan terutama makanan yang mengandung BTP.

Daftar pustaka : 28 literatur (2005-2014)
Kata kunci : pengetahuan, Bahan Tambahan Pangan


RIKHA RAHMA - Personal Name
SKRIPSI KEB346
SKRIPSI KEB346
Text
Indonesia
perpustakaan FKIK
2014
Kebidanan
LOADING LIST...
LOADING LIST...
APA Citation
RIKHA RAHMA. (2014).GAMBARAN PENGETAHUAN IBU YANG MEMILIKI ANAK USIA SEKOLAH 4-12 TAHUN TENTANG JAJANAN YANG MENGANDUNG BAHAN PENGAWET BERBAHAYA DI KELURAHAN MANURUKI RW 03 DAN RW 08 TAHUN 2014.(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd