Reski Amelia; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

Gambaran Kejadian Tingkat Hyperemesis Gravidarum di RSKD Ibu dan Anak Siti Fatimah Makassar tahun 2011


Hyperemesis Gravidarum adalah suatu keadaan (biasanya pada hamil muda), penderita mengalami mual muntah yang berlebihan, sehingga mengganggu aktifitas dan kesehatan penderita secara keseluruhan.
Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui gambaran Kejadian Tingkat Hyperemesis Gravidarum di RSKD Ibu dan Anak Siti Fatimah Makassar tahun 2011. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan survey menggunakan data sekunder. Jumlah sampel 46 ibu hamil yang mengalami Hyperemesis Gravidarum. Data diperoleh dari hasil pencatatan dan pelaporan RSKD Ibu dan Anak Siti Fatimah Makassar tahun 2011.
Hasil penelitian ini didapatkan bahwa gambaran kejadian Hyperemesis Gravidarum berdasarkan umur ibu lebih banyak terjadi pada umur 20-35 tahun yaitu 42 orang (91,3%), berdasarkan graviditas lebih banyak terjadi pada gravid 1 dan > 3 yaitu 31 orang (67,4%), berdasarkan umur kehamilan ibu lebih banyak terjadi pada umur kehamilan < 16 minggu yaitu 37 orang (80,4%), berdasarkan tingkat pendidikan ibu lebih banyak terjadi pada tingkat pendidikan rendah yaitu 24 orang (52,2%) dan berdasarkan pekerjaan ibu lebih banyak terjadi pada pekerjaan tidak tetap yaitu 24 orang (52,2%).
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Hyperemesis Gravidarum lebih banyak terjadi pada usia ibu 20-35 tahun, graviditas 1 dan > 3, dan pada umur kehamilan < 16 minggu. Hyperemesis Gravidarum juga lebih banyak terjadi pada ibu dengan tingkat pendidikan lebih rendah dan bagi ibu yang tidak punya pekerjaan tetap.
Kata Kunci : Graviditas, Hyperemesis Gravidarum, Pekerjaan, Tingkat Pendidikan, Umur Ibu, Umur Kehamilan.
Daftar Pustaka : 21(2002-2012)


Reski Amelia - Personal Name
SKRIPSI KEB0441
SKRIPSI KEB0441
Text
Indonesia
perpustakaan FKIK
2012
Kebidanan
LOADING LIST...
LOADING LIST...
APA Citation
Reski Amelia. (2012).Gambaran Kejadian Tingkat Hyperemesis Gravidarum di RSKD Ibu dan Anak Siti Fatimah Makassar tahun 2011.(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd