Nur Eka Fitriani; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

MANAJEMEN ASUHAN KEBIDANAN POSTNATAL PADA NY “I” DENGAN BENDUNGAN ASI DI RSUD SYEKH YUSUF GOWA TANGGAL 16 JULI – 23 AGUSTUS TAHUN 2018


Bendungan Air Susu Ibu (Bendungan ASI) adalah pembendungan air susu karena penyempitan duktus laktiferus, kelenjar-kelenjar yang tidak dikosongkan dengan sempurna atau karena kelainan pada puting susu. Akibat dari bendungan ASI ini akan menyebabkan pengeluaran ASI menjadi tidak sempurna, ibu akan merasa kesakitan saat bayi menyusu dan juga bayi akan merasa tidak puas ketika menyusu.
Karya Tulis Ilmiah ini bertujuan untuk melaksanakan Manajemen Asuhan Kebidanan Pada Ny “I” dengan Bendungan ASI di RSUD Syekh Yusuf Gowa Tanggal 16 Juli – 23 Agustus Tahun 2018 sesuai dengan 7 langkah Varney dan SOAP.
Dari hasil anamnesis ibu mengeluh payudara bengkak, terasa panas dan demam. Dari hasil pemeriksaan fisik didapatkan suhu tubuh 37,9oC, payudara tampak bengkak dan nyeri jika dilakukan palpasi. Berdasarkan hasil pengkajian anamnesis dan pemeriksaan fisik didapatkan data sehingga ditegakkan diagnosis dengan BendunganASI. Asuhan yang dilakukan dengan pemberian suplement obat analgetik penurun demam dan anti nyeri yaitu obat paracetamol yang berisi 500 mg yang diberikan 3 kali sehari dan melakukan perawatan payudara.
Hasil studi kasus dengan pndekatan 7 langkah varney dan SOAP yang digunakan untuk proses penyelesaian masalah kebidanan dapat disimpulkan bahwa Pada Ny “I” dengan hasil asuhan yang diberikan berlangsung normal ditandai dengan payudara ibu sudah tidak bengkak, tidak merasakan nyeri, panas,ibu tidak mengalami demam dan bayi menyusu dengan baik serta pengeluaran ASI lancar.
Kata kunci : ASI, Bendungan ASI, 7 Langkah Varney
Nur Eka Fitriani - Personal Name
SKRIPSI KEB461
SKRIPSI KEB461
Text
Indonesia
perpustakaan FKIK
2012
Kebidanan
LOADING LIST...
LOADING LIST...
APA Citation
Nur Eka Fitriani. (2012).MANAJEMEN ASUHAN KEBIDANAN POSTNATAL PADA NY “I” DENGAN BENDUNGAN ASI DI RSUD SYEKH YUSUF GOWA TANGGAL 16 JULI – 23 AGUSTUS TAHUN 2018.(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd