ULFAHMI AZMAWI ZAINUL; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PERAN KELUARGA TERHADAP KESEHATAN JIWA LANSIA DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS SAMATA DAN PUSKESMAS BONTORAMBA


Salah satu hasil pembangunan kesehatan di Indonesia adalah meningkatnya angka harapan hidup. Dilihat dari sisi ini pembangunan kesehatan di Indonesia sudah cukup berhasil, karena angka harapan hidup di Indonesia telah meningkat secara bermakna. Namun, di sisi lain dengan meningkatnya angka harapan hidup ini membawa beban bagi masyarakat, karena populasi penduduk usia lanjut (lansia) meningkat
Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan peran keluarga yang meliputi : pemenuhan kebutuhan perawatan diri, pemenuhan kebutuhan nutrisi, pemenuhan pemeliharaan kesehatan, pencegahan potensi kecelakaan dan pencegahan menarik diri dari lingkungan terhadap kesehatan jiwa lansia di wilayah kerja Puskesmas Samata dan Puskesmas Bontoramba.
Desain yang digunakan peneliti adalah jenis penelitian deskriptif dengan jumlah sampel sebanyak 145 orang yang terbagi menjadi dua tempat yakni Puskesmas Samata sebanyak 77 orang dan Puskesmas Bontoramba sebanyak 68 orang. Intrumen penelitian ini menggunakan kuesioner. Data dianalisis dengan menggunakan uji chi square.
Hasil Penelitian di wilayah kerja Puskesmas Samata menunjukkan bahwa : pemenuhan kebutuhan perawatan diri (p=0,041) memiliki hubungan yang signifikan, sedangkan pemenuhan kebutuhan nutrisi (p=0,209), pemenuhan pemeliharaan kesehatan (p=0,880), pencegahan potensi kecelakaan (p=0,723) dan pencegahan menarik diri dari lingkungan (p=0,281) tidak menunjukkan hubungan yang signifikan.
Hasil Penelitian di wilayah kerja Puskesmas Bontoramba menunjukkan bahwa : pemenuhan pemeliharaan kesehatan (p=0,0036) dan pencegahan potensi kecelakaan (p=0,027) memiliki hubungan yang signifikan, sedangkan pemenuhan perawatan diri (p=0,165), pemenuhan kebutuhan nutrisi (p=0,606), dan pencegahan menarik diri dari lingkungan (p=0,624) tidak menunjukkan hubungan yang signifikan.
Hal ini berarti diwilayah kerja Puskesmas Samata pemenuhan perawatan diri berhubungan terhadap kesehatan jiwa lansia sementara di wialayah kerja Puskesmas Bontoramba pemenuhan pemeliharaan kesehatan dan pencegahan potensi kecelakaan berhubungan dengan kesehatan jiwa lansia.
Kata Kunci: Peran Keluarga, Kesehatan Jiwa, Lansia
ULFAHMI AZMAWI ZAINUL - Personal Name
SKRPSI KEP12
SKRPSI KEP12
Text
Indonesia
perpustakaan FKIK
2018
Keperawatan
LOADING LIST...
LOADING LIST...
APA Citation
ULFAHMI AZMAWI ZAINUL. (2018).PERAN KELUARGA TERHADAP KESEHATAN JIWA LANSIA DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS SAMATA DAN PUSKESMAS BONTORAMBA.(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd