NURYANTI; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

HUBUNGAN ANEMIA PADA IBU HAMIL DENGAN KEJADIAN BAYI BERAT LAHIR RENDAH (BBLR) DIRSKD IBU DAN ANAK SITI FATIMAH DAN RSIA PERTIWI MAKASSAR


Anemia adalah kondisi dimana jumlah sel darah merah atau hemoglobin dibawah nilai normal yang dapat disebabkan karena kekurangan zat besi sehingga berdampak pada ibu dan janinnya. Bayi Berat Lahir Rendah (BBLR) adalah bayi baru lahir yang berat badanya saat lahir kurang dari 2500 gram.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan anemia pada ibu hamil dengan kejadian BBLR di RSKD Ibu dan Anak Siti Fatimah Makassar dan RSIA Pertiwi Makasar. Penelitian ini menggunakan metode case control. Populasi dalam penelitian adalah semua ibu hamil yang melahirkan di RSKD Ibu dan Anak Siti Fatimah Makassar dan RSIA Pertiwi Makassar. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan kriteria inklusi dan eksklusi 25 kasus yang melahirkan bayi BBLR dan 25 kontrol yang melahirkan bayi yang tidak BBLR. Data yang diperoleh dalam penelitian ini dianalisi menggunakan uji Chi-square dengan derajat kemaknaan (α) 0,05.
Berdasarkan Hasil analisis Chi-square antara variabel anemia dengan kejadian bayi berat lahir rendah diperoleh nilai ρ sebesar 0,000 dan OR 16,00 (95%CI=4,002-63,975), maka hipotesis diterima. Sehinga anemia merupakan faktor resiko terjadinya efek sebab OR >1.
Penelitian menyimpulkan ada hubungan anemia dengan kejadian BBLR, dimana ibu yang mengalami anemia saat hamil berisiko sebesar 16 kali lebih besar untuk melahirkan bayi BBLR dibanding ibu yang tidak mengalami anemia saat hamil setelah dikontrol lila, jarak kehamilan dan paritas. Di RSKD Ibu dan Anak Siti Fatimah Makassar dan RSIA Pertiwi Makassar. Disarankan Ibu hamil diharapkan memeriksakan kehamilannya secara teratur, khususnya kondisi anemia pada ibu hamil untuk mencegah lahirnya Bayi Berat Lahir Rendah (BBLR).

NURYANTI - Personal Name
SKRIPSI KEP92
SKRIPSI KEP92
Text
Indonesia
perpustakaan FKIK
2013
Keperawatan
LOADING LIST...
LOADING LIST...
APA Citation
NURYANTI. (2013).HUBUNGAN ANEMIA PADA IBU HAMIL DENGAN KEJADIAN BAYI BERAT LAHIR RENDAH (BBLR) DIRSKD IBU DAN ANAK SITI FATIMAH DAN RSIA PERTIWI MAKASSAR.(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd