MASYITA HAERIANTI; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

HUBUNGAN GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA RUNGAN DENGAN KINERJA PERAWAT PELAKSANA DI RUANG RAWAT INAP RUMAH SAKIT UMUM DAERAH POLEWALI MANDAR


Kepemimpinan secara umum adalah suatu seni dan proses untuk mempengaruhi dan mengarahkan orang lain guna memiliki motivasi untuk mencapai tujuan yang hendak dicapai dalam situasi tertentu. Dalam penerapan kepemimpinan terdapat aspek gaya kepemimpinan yang mempengaruhi bagaimana sistematis manajemen kepemimpinan menuju ke arah kualitas kinerja yang bermutu. Gaya kepemimpinan tersebut terbagi atas tiga macam, yakni gaya kepemimpinan demokratis, otokratik dan laizes-faire.Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui hubungan gaya kepemimpinan kepala ruang dengan kinerja perawat pelaksana di ruang rawat inap RSUD Polewali Mandar.
Jenis penelitian ini menggunakan metode deskriptif analitik dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perawat pelaksana yang ada di ruang rawat inap RSUD Polewali Mandar yang kemudian dengan menggunakan teknik purposive sampling didapatkan sampel sebanyak 58 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner, dengan teknik pengumpulan data skala likert, dan uji statistika Chi-Square dengan derajat kemaknaan (α) = 0,05.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan antara gaya kepemimpinan kepala ruangan dengan kinerja perawat pelaksana di ruang rawat inap RSUD Polewali Mandar. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji statistik Chi-Square continuity correction dimana didapatkan nilai p = 0,002.
Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa gaya kepemimpinan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kinerja perawat pelaksana dan variabel gaya kepemimpinan demokratis memiliki pengaruh dominan terhadap kinerja perawat pelaksana di ruang rawat inap RSUD Polewali Mandar tahun 2011. Peneliti menyarankan, bagi instansi rumah sakit terutama kepala ruangan untuk lebih dapat ditingkatkan lagi penerapan gaya kepemimpinan demokratis yang menunjang peningkatan kinerja perawat pelaksana, dan bagi peneliti selanjutnya dapat dijadikan referensi penelitian terkait dengan hubungan gaya kepemimpinan kepala ruangan dengan kinerja perawat pelaksana di ruang rawat inap.
MASYITA HAERIANTI - Personal Name
SKRIPSI KEP276
SKRIPSI KEP276
Text
Indonesia
perpustakaan FKIK
2011
Keperawatan
LOADING LIST...
LOADING LIST...
APA Citation
MASYITA HAERIANTI. (2011).HUBUNGAN GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA RUNGAN DENGAN KINERJA PERAWAT PELAKSANA DI RUANG RAWAT INAP RUMAH SAKIT UMUM DAERAH POLEWALI MANDAR.(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd