ST. KHALIFA DJUFRI; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

GAMBARAN KONSEP DIRI PASIEN LUKA DIABETIK DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH LABUANG BAJI PROVINSI SULAWESI SELATAN


Penderita DM semakin bertambah setiap tahunnya, WHO memperkirakan prevalensi DM di Indonesia mencapai 21.257.000 juta jiwa pada tahun 2025. Dan setiap detik terjadi amputasi pada kaki diabetik di seluruh dunia dimana 50 % dari kasus tersebut komplikasi luka diabetik harus tergantung pada perawatan luka diabetik dan terapi pengelolaan diabetes. Hal tersebut dapat menimbulkan permasalahan misalnya pasien merasa lemah karena harus membatasi diet. Setiap perubahan dalam kesehatan dapat menjadi stressor yang mempengaruhi konsep diri. efek samping ini terjadi sebagai akibat perubahan dalam produksi hormonal, dan sering menimbulkan penurunan aktivitas sehingga mempengaruhi citra tubuh, yang selanjutnya dapat mengganggu konsep diri (Perry & Potter, 2005).
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gambaran konsep diri pasien luka diabetik di RSUD Labuang Baji Provinsi Sulawesi Selatan
Desain penelitian ini adalah deskriftif, Pengambilan sampel menggunakan teknik provosif sampling dengan jumlah responden 30 orang, dengan menggunakan instrument penelitian berupa kuesioner, didapatkan data kemudian dianalisa serta diolah dengan menggunakan program SPSS 18, kemudian disajikan dalam bentuk tabel distribusi frekuensi.
Hasil analisis didapatkan pada gambaran dari hasil uji statistik ada 27 responden (90.0) yang tidak puas, 10 responden (10%) yang puas dengan citra dirinya, ada 28 responden (90.0) yang tidak sesuai ideal dirinya 2 (6.7%) responden yang sesuai ideal dirinya, gambaran dari hasil uji statistik terdapat keseimbangan antara harga diri sesuai dan penurunan harga diri yaitu masing-masing 15 orang (50%), gambaran dari hasil uji statistik ada 22 responden (73%) yang tidak mampu menjalani perannya, 8 (26%) yang mampu dan Pada tabel 4.10 gambaran dari hasil uji statistik ada 20 responden (66.7%) yang tidak sesuai identitasnya. Dan 10 (33%) yang sesuai.

ST. KHALIFA DJUFRI - Personal Name
SKRIPSI KEP362
SKRIPSI KEP362
Text
Indonesia
perpustakaan FKIK
2014
Keperawatan
LOADING LIST...
LOADING LIST...
APA Citation
ST. KHALIFA DJUFRI. (2014).GAMBARAN KONSEP DIRI PASIEN LUKA DIABETIK DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH LABUANG BAJI PROVINSI SULAWESI SELATAN.(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd