Santy La Ananila; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

Pengaruh Jenis Basis Gel Ekstrak Etanol Daun Kelor (Moringa oleifera Lamk) terhadap Efektivitas Penyembuhan Luka Insisi pada Kelinci (Oryctolagus cuniculus)


Telah dilakukan penelitian tentang pengaruh jenis basis gel ekstrak etanol daun kelor (Moringa oleifera Lamk) terhadap efektivitas penyembuhan luka insisi pada kelinci (Oryctolagus cuniculus). Tujuannya adalah untuk mengetahui efektivitas gel ektrak etanol daun kelor (Moringa oleifera Lamk) dengan beberapa jenis basis hidrofilik yang berbeda. Metode yang digunakan untuk ekstraksi sampel adalah dengan cara maserasi. Gel dibuat dengan menggunakan dua jenis basis hidrofil yaitu Hirdroxypropil methylcellulose (HPMC) dan karbopol yang masing-masing memiliki 3 konsentrasi ekstrak yang berbeda yaitu 12,5%, 25%, dan 37,5%. Selain itu, digunakan gel pembanding Bioplacenton® sebagai control positif dan basis gel tanpa ekstrak sebagai control negatif. Hasil penelitian diperoleh bahwa kelompok hewan coba yang diberi gel dengan basis carbopol dengan kandungan ekstrak 12,5%, 25% dan 37,5% memberikan efek rata-rata kesembuhan berturut-turut pada hari ke-9, ke-5, dan ke-7. Gel yang dibuat dengan basis HPMC dengan kandungan ekstrak 12,5%, 25%, dan 37,5% memberikan efek rata-rata kesembuhan berturut-turut pada hari ke-9, ke-6 dan ke-7. Dari hasil uji statistik Rancangan Acak Lengkap (RAL) dan Uji Beda Nyata Terkecil (BNT) dapat disimpulkan bahwa gel yang memberikan efek penyembuhan luka insisi paling baik adalah sediaan gel ekstrak etanol daun kelor (Moringa oleifera Lamk) kandungan ekstrak 25% dan basis gel yang digunakan tidak memberikan pengaruh yang signifikan terhadap penyembuhan luka.
Santy La Ananila - Personal Name
Far 15
Far 15
CD-ROM
Indonesia
perpustakaan FKIK
2013
Farmasi
LOADING LIST...
LOADING LIST...
APA Citation
Santy La Ananila. (2013).Pengaruh Jenis Basis Gel Ekstrak Etanol Daun Kelor (Moringa oleifera Lamk) terhadap Efektivitas Penyembuhan Luka Insisi pada Kelinci (Oryctolagus cuniculus).(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd