FATIMAH; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

ANALISIS STRATEGI BERSAING BISNIS APOTEK W, X, Y, DAN Z


Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui strategi bersaing yang
diterapkan oleh apotek W, X, Y, dan Z. Strategi bersaing menjadi salah satu kunci
untuk menghadapi persaingan bisnis yang semakin ketat. Bisnis tidak akan
berjalan dengan baik jika tidak didukung dengan strategi bersaing yang tepat.
Untuk mampu bertahan dalam persaingan dunia bisnis harus mampu menciptakan
strategi yang berbeda dari yang lain.
Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kualitatif yaitu menggunakan
analisis data dalam bentuk laporan uraian deskriptif. Observasi, wawancara, dan
dokumentasi adalah sebagai bahan pengumpulan data, besarnya sampel pada
penelitian ini ditetapkan dengan menggunakan metode purposive sampling
dimana informan informan penelitian ditentukan langsung oleh peneliti.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa masing-masing apotek memiliki
strategi yang berbeda untuk menarik pelanggan, dan Strategi yang diterapkan oleh
masing-masing apotek berbeda dalam penerapan strateginya, pada apotek W
menerapkan strategi kelengkapan obat dan pelyanan, apotek X Menerapkan
strategi low cost leadership penetapan harga dengan margin yang rendah, apotek
Y menerapkan strategi pelayanan, dan menyampaikan informasi mengenai segala
sesuatu yang berhubungan dengan obat yang dibeli pelanggan, dan apotek Z
menerapkan strategi diadakannya kartu member bagi pelanggan yang sering
datang membeli, dan sering diadakannya diskon-diskon dan juga diadakan
promosi dimedia sosial. Ditinjau dari prespektif islam apotek W kurang
menerapkan sifat Fathanah dalam hal meningkatkan kelengkapan obat dan
promosi, apotek X sudah mencontoh praktik bisnis berdasarkan sifat nabi
Muhammad Saw namun dalam hal strategi tidak dianjurkan bersaing dengan
harga, apotek Y kurang menerapkan sifat Tabligh dalam hal sistem penjualan
obatnya. Dan apotek Z kurang menerapkan sifat Tabligh dalam hal sistem
penjualan obatnya dan promosi obat.
Secara umum strategi yang diterapkan masing-masing apotek sudah cukup
bagus namun, masih belum adanya program pemasaran yang cukup baik serta
kurangnya obat-obat menjadi kendala dalam pelaksanaan apotek. Untuk apotek W
penerapan strategi pada kelengkapan obat lebih diperlengkap untuk kenyamanan
pelanggan. Dan juga dari segi promosi harus diadakan agar apotek lebih dikenal
masyarakat luas. Untuk apotek X penerapan strategi lebih ditingkatkan physical
evidance dari segi perluasan apotek. Dan juga dari segi promosi lebih
ditingakatkan.Untuk apotek Y penerapan strategi dari segi pelayanan lebih
ditingkatkan lagi.Untuk apotek Z dari segi promosi ditingkatkan karena masih ada
pelanggan yang tidak tau dan dari segi harga diturunkan.
Kata Kunci : strategi bersaing apotek,rencana bisnis, apotek.

FATIMAH - Personal Name
SKRIPSI FAR607
SKRIPSI FAR607
Text
Indonesia
perpustakaan FKIK
2020
LOADING LIST...
LOADING LIST...
APA Citation
FATIMAH. (2020).ANALISIS STRATEGI BERSAING BISNIS APOTEK W, X, Y, DAN Z.(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd