MUHASRIADY; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN STATUS GIZI ANAK BALITA DI KELURAHAN TAMANGAPA KECAMATAN MANGGALA KOTA MAKASSAR TAHUN 2010


Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah adakah hubungan antara tingkat pendidikan ibu, tingkat pengetahuan gizi ibu dan asupan makanan balita terhadap status gizi anak balita di Kelurahan Tamangapa Kecamatan Manggala Kota Makassar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara tingkat pendidikan ibu, tingkat pengetahuan gizi ibu dan asupan makanan anak balita terhadap status gizi anak balita di Kelurahan Tamngapa Kecamatan Manggala Kota Makassar.
Jenis penelitian ini adalah survey analitik dengan rancangan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah anak balita (umur 12-59 bulan) sejumlah 666 anak balita. Sampel yang diambil sejumlah 54 anak balita yang diperoleh dengan menggunakan teknik random sampling. Cara memilih elemen anggota sampel dalam penelitian ini adalah dengan cara teknik undian (lottery technique). Instrumen yang digunakan berupa kuesioner, formulir recall 24 jam, timbangan injak serta pita pengukur tinggi badan atau microtoise. Data penelitian ini diperoleh dari data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh melalui observasi, wawancara dan pengukuran berat badan dan tinggi badan. Data sekunder dipeoleh dari Puskesmas Tamangapa berupa jumlah populasi dalam hal ini anak balita. Data yang diperoleh dalam penelitian ini diolah dengan menggunakan statistic uji chi square.
Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa ada hubungan antara tingkat pendidikan ibu dengan status gizi anak balita dengan nilai P = 0,203 berdasarkan BB/U dan nilai P = 0,847 berdasarkan indeks TB/U, tingkat pengetahuan gizi ibu terhadap status gizi anak balita dengan nilai P = 0.990 berdasarkan indeks BB/U dan nilai P = 0,171 berdasarkan indeks TB/U. Tidak ada hubungan antara asupan makanan terhadap status gizi anak balita di Kelurahan Tamangapa Kecamatan Manggala Kota Makassar dengan nilai P = 0,004 berdasarkan asupan energi dengan status gizi BB/U dan nilai P = 0,006 TB/U.
Hasil penelitian ini disarankan antara lain, Perlunya pemantauan status gizi pada balita secara berkala oleh sub bagian gizi sehingga keadaan dtatus gizi anak balita dapat diketahui dan segera dilakukan penanggulangan apabila terjadi penurunan status gizi dan Hendaknya para ibu mengikuti perkembangan informasi kesehatan khususnya menyangkut anak balita baik melalui kegiatan penyuluhan maupun dari media massa dan hendaknya para ibu selalu aktif mengiktui posyandu sehingga dapat diketahui perkembangan status gizi anak balitanya.

MUHASRIADY - Personal Name
SKRIPSI KES5
SKRIPSI KES5
Text
Indonesia
perpustakaan FKIK
2010
Kesehatan Masyarakat
LOADING LIST...
LOADING LIST...
APA Citation
MUHASRIADY. (2010).FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN STATUS GIZI ANAK BALITA DI KELURAHAN TAMANGAPA KECAMATAN MANGGALA KOTA MAKASSAR TAHUN 2010.(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd