R. PUTY RANIJINTAN; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

Studi Kualitas air sungai Walannae di dusun Kampiri desa Pallawarukka kecamatan Pammana kabupaten Wajo


Sungai merupakan aliran air di permukaan bumi yang terbentuk secara alamiah dari darat mengalir ke laut. Air sungai Walannae merupakan sumber air bersih masyarakat di dusun Kampiri desa Pallawarukka kecamatan Pammana kabupaten Wajo.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas air sungai Walannae di dusun Kampiri ditinjau dari parameter MPN Coliform, TSS (Total Suspended Solid), Suhu, pH, BOD (Biological Oxygen Demand), COD (Chemical Oxygen Demand). Penelitian ini dilakukan dengan metode Kuantitatif dengan pendekatan observasional dengan rancangan deskriptif melalui pengambilan sampel pada tiga titik. Yaitu titik I (Hulu), titik II (tengah) dan titik III (Hilir). Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik gabungan waktu (Composite sample), yaitu pada waktu pagi (08.00-09.00) dan sore hari (16.00-17.00). Beberapa parameter (Suhu dan pH) dilakukan di lapangan sedangkan untuk parameter (MPN Coliform) diperiksa di Laboratorium Dinas Kesehatan kota Sengkang, dan parameter (TSS,BOD dan COD) diperiksa di Laboratorium Kesehatan Lingkungan banta-bantaeng.
Berdasarkan hasil pemeriksaan, yaitu MPN Coliform (/100ml) untuk titik I di daerah hulu pada pagi hari 6200 dan sore 7000, titik II di daerah tengah pada pagi hari 8100 dan sore 9700 dan titik III di daerah hilir pada pagi hari 5400 dan sore 11000. Kadar TSS (mg/l) untuk titik I di daerah hulu pada pagi hari 62 dan sore 65, titik II di daerah tengah pada pagi hari 85 dan sore 80 dan titik III di daerah hilir pada pagi hari 73 dan sore hari 105. Parameter Suhu untuk pengukuran pagi hari titik I, II, dan III rata 27̊C sedangkan pada sore hari titik I 27̊Cdan titik II dan titik III 29̊C, selisih antara suhu air dan udara masih memenuhi syarat yaitu di bawah deviasi 3. Kadar pH pada pagi hari titik I dan III 6 dan titik II 8, sedangkan pada sore hari titik I, II dan III rata 7. Kadar BOD(mg/l) titik I pada pagi hari 23 dan sore hari 9, titik II pada pagi hari 32 dan sore hari 14, titik III pada pagi hari 12 dan sore hari 36, Kadar COD (mg/l) titik I pada pagi hari 23 dan sore hari 26, titik II pada pagi hari 33 dan sore hari 42, titik III pada pagi hari 28 dan sore hari 39. Berdasarkan Standar kualitas air bersih menurut SK gubernur propinsi Sul-Sel No. 69 Tahun 2010 tentang Baku mutu dan kriteria kerusakan lingkungan hidup, untuk parameter pH dan Suhu masih memenuhi syarat, sedangkan untuk parameter MPN Coliform, TSS, BOD dan COD tidak memenuhi syarat.
Oleh karena itu disarankan pada Pemerintah Kota Sengkang agar lebih mengontrol tingkat pencemaran pada sungai Walannae khususnya di daerah dusun Kampiri serta melakukan pengawasan pada masyarakat yang membuang limbahnya (organik dan hajat) kesungai.

Kata Kunci : Kualitas air sungai Walannae di dusun Kampiri untuk parameter MPN Coliform, TSS (Total Suspended Solid), Suhu, pH, BOD (Biological Oxygen Demand) dan COD (Chemical Oxygen Demand).

R. PUTY RANIJINTAN - Personal Name
SKRIPSI KES158
SKRIPSI KES158
Text
Indonesia
perpustakaan FKIK
2014
Kesehatan Masyarakat
LOADING LIST...
LOADING LIST...
APA Citation
R. PUTY RANIJINTAN. (2014).Studi Kualitas air sungai Walannae di dusun Kampiri desa Pallawarukka kecamatan Pammana kabupaten Wajo.(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd