NAMIRA; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PERILAKU MAKAN REMAJA PUTRI DI SMA ISLAM ATHIRAH MAKASSAR TAHUN 2012


Kecenderungan remaja meremehkan masalah kesehatan karena remaja berpikir dengan fleksibilitas dan vitalitas yang tinggi pada dirinya, bahwa problema kesehatan yang dimilikinya hanya sedikit dan tidak beresiko. Keadaan ini membuat remaja memiliki resiko yang tinggi terhadap berbagai jenis penyakit akibat perilaku yang tidak sehat. Salah satu perilaku yang tidak sehat adalah perilaku makan. Bloom (dalam Smet, 1993). Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, sebagian besar (89,7%) remaja putri belum menjalankan perilaku makan yang baik, 10,3% sudah menjalankan perilaku makan yang baik (Puspito Arum, 2008). Hal ini tentu disebabkan karena berbagai faktor.
Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui faktor yang berhubungan dengan perilaku makan remaja putri di SMA Islam Athirah Makassar Tahun 2012.
Jenis penelitian yang digunakan adalah survey analitik dengan menggunakan pendekatan Cross sectional study. Sampel dalam penelitian ini adalah sebagian remaja putri yang tercatat namanya sebagai pelajar kelas XI dan XII di SMA Islam Athirah Makassar Tahun 2012, yang berjumlah 94 orang.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa tidak ada hubungan antara pendapatan keluarga dengan perilaku makan remaja putri (p = 1,000 > 0,05), tidak ada hubungan antara keteraturan waktu makan dengan perilaku makan remaja putri (p=0,318 > 0,05), tidak ada hubungan antara kebiasaan yang dilakukan pada waktu makan dengan perilaku makan remaja putri (p = 0,687 > 0,05), ada hubungan antara alasan makan dengan perilaku makan remaja putri (p = 0,001 < 0,05), ada hubungan antara jenis makanan yang dikonsumsi dengan perilaku makan remaja putri (p = 0,000 < 0,05).
Dari hasil penelitian yang dilakukan maka penulis menyarankan kepada remaja putri agar lebih memperhatikan perilaku makannya, yang tentunya akan menunjang kondisi kesehatannya. Selain itu disarankan kepada petugas kesehatan agar meningkatkan penyuluhan kesehatan tentang bagaimana perilaku makan yang baik.

Kata Kunci : Perilaku makan, Remaja putri
Daftar Pustaka : 50 (1970 – 2012)


NAMIRA - Personal Name
SKRIPSI 216
SKRIPSI 216
Text
Indonesia
perpustakaan FKIK
216
Kesehatan Masyarakat
LOADING LIST...
LOADING LIST...
APA Citation
NAMIRA. (216).FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PERILAKU MAKAN REMAJA PUTRI DI SMA ISLAM ATHIRAH MAKASSAR TAHUN 2012.(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd