SITTI NURJAHIDAH; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

Studi Penetrasi Perkutan Transferosom Propranolol HCl dalam Gel Hidrofilik dan Lipofilik Secara In Vitro


Telah dilakukan penelitian tentang studi penetrasi perkutan transferosom propranolol HCl dalam bentuk sediaan gel dengan variasi jenis basis secara in vitro. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh jenis basis terhadap kemampuan penetrasi transferosom propranolol HCl yang diformulasikan dalam bentuk gel secara in vitro. Transferosom propranolol HCl dibuat dalam bentuk sediaan gel menggunakan basis hidrofilik dan basis lipofilik. Basis hidrofilik dibuat dari karbopol 940 konsentrasi 0,5 % b/v dan basis lipofilik dibuat dari parafin cair dengan pembentuk gel aerosil 7,5 % b/v. Uji penetrasi perkutan dilakukan dengan menggunakan metode sel difusi Franz dengan penggunaan human cadaver skin sebagai membran difusi. Penetapan kadar propranolol HCl yang berpenetrasi melintasi membran dilakukan selama 6 jam. Cairan kompartemen penerima berisi larutan Phosphate Buffered Saline pH 7,4. Cuplikan dianalisis menggunakan spektrofotometer UV-Vis pada panjang gelombang 293 nm pada menit ke 5, 10, 15, 30, 45, 60, 90, 120, 180, 240, dan 360.
Hasil pengujian menunjukkan bahwa jumlah total propranolol HCl yang melintasi membran selama 6 jam pada gel hidrofilik sebanyak 15339,945 μg.cm¯² dengan kecepatan melintasi membran 34,49 μg.cm¯².menit¯¹ (r = 0,994). Gel lipofilik sebanyak 14804,550 μg.cm¯² dengan kecepatan melintasi membran 34,22 μg.cm¯².menit¯¹ (r = 0,995). Dari penelitian diketahui bahwa gel dengan basis hidrofilik dan basis lipofilik memiliki kemampuan penetrasi perkutan yang baik dilihat dari nilai r yang mendekati linear tanpa adanya perbedaan kecepatan penetrasi yang signifikan diantara kedua pengujian. Sehingga dapat disimpulkan bahwa formulasi gel transferosom propranolol HCl dapat digunakan secara transdermal.

SITTI NURJAHIDAH - Personal Name
SKRIPSI FAR127
SKRIPSI FAR127
Text
Indonesia
perpustakaan FKIK
2013
Farmasi
LOADING LIST...
LOADING LIST...
APA Citation
SITTI NURJAHIDAH. (2013).Studi Penetrasi Perkutan Transferosom Propranolol HCl dalam Gel Hidrofilik dan Lipofilik Secara In Vitro.(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd